Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Cina Kantongi Pelaku Serangan Bom Xinjiang

Sabtu 24 May 2014 22:40 WIB

Red: Didi Purwadi

Angkatan bersenjata Cina saat memeriksa area bekas ledakan bom di stasiun kereta api Urumqi, Xinjiang.

Angkatan bersenjata Cina saat memeriksa area bekas ledakan bom di stasiun kereta api Urumqi, Xinjiang.

Foto: AP Photo/Ng Han Guan/c

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Polisi Cina telah mengenali lima tersangka serangan bom bunuh diri di wilayah bergejolak Xinjiang. Demikian dilaporkan kantor berita Xinhua.

Laporan itu menyebutkan 39 orang tewas akibat pengeboman Kamis pagi di pasar sayuran Urumqi di barat Tiongkok, yang dihuni oleh kelompok minoritas Muslim Uighur.

''Polisi mengidentifikasi para tersangka tersebut sebagai Nurahmat Ablipiz, Memet Memtimin, Raghimjan Memet, Memtimin Mahmat, dan Ablet Abdulkadir,'' sebut laporan Xinhua pada Jumat. Semua tersangka diduga berasal dari Uighur berdasar nama mereka.

Kelima tersangka yang terpengaruh oleh ekstremis agama, ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan ilegal, menonton dan mendengarkan video kekerasan teroris. Demikian laporan tersebut mengutip sumber di kepolisian.

Pengeboman pada Kamis merupakan serangan bunuh diri kedua di ibukota dalam tiga minggu terakhir. Sebuah serangan bom dan penusukan dalam stasiun kereta di Urumqi pada April menewaskan seorang warga dan melukai 79 lainnya.

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA