Jumat 23 May 2014 17:01 WIB

Klinsmann: Coret Donovan Bukan Keputusan Mudah

Landon Donovan dan Juergen Klinsmann.
Foto: nesn.com
Landon Donovan dan Juergen Klinsmann.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pelatih Amerika Serikat (AS) memutuskan tak membawa pemainnya yang paling berpengalaman, Landon Donovan, ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Berbicara mengenai hal itu, pelatih asal Jerman itu mengatakan keputusan mencoret pemain berusia 32 tahun itu merupakan sesuatu yang sulit.

"Itu jelas merupakan salah satu keputusan terberat sepanjang kepelatihan saya. Memberitahu seorang pemain seperti dia setelah semua yang dilakukannya selama ini. Mengatakan bahwa 'anda tidak jadi bagian dari 23 pemain'," kata Klinsmann dilansir ESPN FC.

Klinsmann lebih memilih membawa striker AZ Alkmaar, Aron Johannsson, dan striker San Jose Earthquakes, Chris Wondolowski, sebagai pelapis duo veteran, Jozy Altidore da Clint Dempsey. Sang pelatih melihat Donovan tidak berada dalam level yang sama dengan para penyerang lain. "Saya hanya melihat para pemain lain sedikit berada di depannya," tambah mantan pelatih Timnas Jerman itu.

Pada awal 2013, Donovan memang absen selama empat bulan tidak memperkuat tim nasional. Akibatnya, ia tak tampil pada tiga laga kualifikasi Piala Dunia. Namun Klinsmann bertekad mempertahankan pemain LA Galaxy itu. Donovan pun kembali tampil saat AS bertarung di ajang Piala Emas musim panas lalu.

"Dalam 10 hari terakhir ini, ia telah melakukan segalanya dengan benar. Ia selalu positif. Ia berusaha tampil bagus sebisa mungkin," ujar Klinsmann.

"Kekecewaannya sangat besar. Saya memahami itu. Ia menerimanya secara profesional karena ia adalah pemain profesional yang luar biasa. Ia juga tahu saya memiliki respek tertinggi kepadanya. Akan tetapi saya harus membuat keputusan hari ini, keputusan yang baik untuk tim ini di Brasil, dan di sana saya berpikir bahwa pemain lain saat ini berada sedikit di atasnya," tambah Klinsmann.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement