Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Kebukit Gelar Wakaf Sejuta Buku di CFD Kota Bandung

Ahad 18 May 2014 18:12 WIB

Rep: c69/ Red: Maman Sudiaman

Kebukit gelar wakaf buku

Kebukit gelar wakaf buku

Foto: Edi Yusuf/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komunitas Kelola Buku (Kebukit) membuka Wakaf Sejuta Buku di acara rutin mingguan car free day (CFD) di Kota Bandung. Wakaf buku ini menurut Ketua Kebukit, Nuriska Fahmiaty bertujuan untuk menghimpun buku sumbangan dari masyarakat Bandung. Buku yang telah terkumpul nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang memang membutuhkan.

Bagi masyarakat Bandung yang ingin mewakafkan bukunya, Kebukit telah menyediakan Drop Book di Car Free Day. Wakaf buku ini menerima buku bacaan berupa buku baru maupun buku layak baca. "Jenis bukunya bebas, mulai dari buku cerita anak, ensiklopedia, novel, buku motivasi, keagamaan, sejarah, psikologi, apa aja," ujar Nuriska kepada ROL, Ahad (18/5).

Ia menambahkan, secara garis besar Kebukit memiliki dua program. Pertama program yang diperuntukkan bagi masyarakat perkotaan dan kedua bagi masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil dan tertinggal. Bagi masyarakat perkotaan telah diluncurkan program Ojeg Pintar dan Program Lapas.

Program Ojeg Pintar diperuntukkan bagi masyarakat perkotaan yang kekurangan dari segi ekonomi dan dirasa membutuhkan peningkatan dalam hal pengetahuan, wawasan, dan ilmu. Ojeg Pintar diwujudkan dengan mendirikan Perpustakaan Mini di pangkalan ojek.

Pendirian Perpus Mini di Pangkalan Ojeg bertujuan agar para tukang ojek dapat memanfaatkan waktu luang dengan membaca. "Saat ini memang baru ada di Cikutra, nanti menjelang Lebaran baru kita tambah dua butik lagi, di Antapani dan di Kebon Kopi," jelas Nuriska, seraya menyatakan pihaknya juga membuat pogram Perpustakaan Lapas, berbentuk Perpustakaan Mini di Lapas Anak.

Di samping itu, Kebukit juga memiliki program Perpustakaan Pedalaman. Program ini dilakukan dengan mendirikan perpustakaan di wilayah yang terhitung jauh dari pusat Indonesia. Saat ini Kebukit telah menjangkau berbagai wilayah antara lain, Jawa Barat (Lembang, Garut, Bogor, Depok), Pulau Kayuadi di Sulawesi, NTT (Pulau Sabu, Rote, Flores, Alor, Kupang, Labuan Bajo), Pulau Nias, dan Pulau Tello.

Rencananya, tahun ini Kebukit akan memperluas jangkauannya ke seluruh Tanah Air. Pihaknya akan merambah ke Irian Jaya, yaitu Fakfak dan Raja Ampat. Selain itu Pulau Flores, dan Beberapa pulau lainnya di Sumatra dan Kalimantan, rencananya juga akan ikut merasakan perjuangan Kebukit dalam rangka menumbuhkan minat baca masyarakat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA