Selasa 13 May 2014 14:48 WIB

FIFA: Piala Dunia Akan Menguntungkan Brasil

Jerome Valcke
Foto: AP/Silvia Izquierdo
Jerome Valcke

REPUBLIKA.CO.ID,  RIO DE JANEIRO -- Piala Dunia 2014 tidak lama akan dihelat di Rio de Janeiro, Brasil. Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke mengatakan Piala Dunia akan menguntungkan Brasil.

"Anda tidak dapat mengungkapkan dengan kata-kata apa dampak dari penyelenggaraan Piala Dunia. Hasilnya baru akan terlihat beberapa tahun kemudian," kata Valcke seperti dikutip Four Four Two.

Menurut Valcke, ada tiga keuntungan yang didapat jika negara menggelar Piala Dunia. Pertama, infrastruktur sepak bola seperti stadion, tempat latihan dan fasilitas lainnya yang berstandard internasional.

Kedua, kota-kota yang menjadi tempat penyelenggaraan nantinya akan lebih hidup. Baik dari segi mobilitas maupun akses jaringan dan akomodasi. 

"Lihat saja Afrika Selatan yang telah berubah beberapa kotanya setelah menyelenggarakan Piala Dunia. Aliran uang berdatangan," kata Valcke.

Ketiga, dikatakan pria berusia 54 tahun ini, adanya Piala Dunia di suatu negara membawa investasi untuk jangka panjang sehingga perekonomian lebih baik. Jadi, katanya, salah jika penyelanggaraan Piala DUnia justru hanya sekadar proyek.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement