Selasa 13 May 2014 14:00 WIB

Ingin Langsing? Pilih Makanan Pembakar Lemak Ini

Lemon
Foto: tasty-yummies.com
Lemon

REPUBLIKA.CO.ID, Kita semua ingin percaya kalau mengurangi berat badan sebatas upaya mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Terkadang, upaya tersebut tak semudah itu.

Menyantap makanan yang tepat, seperti dikutip dari Foxnews, sepenting upaya mengurangi porsi makan jadi lebih kecil. Sebab, beberapa makanan bisa membantu menstabilkan gula darah, mencegah tubuh menginginkan asupan makanan yang kaya gula. Juga, makanan tertentu bisa menimbulkan rasa kenyang lebih panjang dan bahkan mengurangi lemak tubuh.

Makanan tersebut, diantaranya :

1. Minyak kelapa

Ini dia superfood baru. Beberapa orang juga percaya minyak kelapa membantu mengurangi berat badan. Faktanya, minyak kelapa terbuat dari rangkaian medium lemak asam, yang termetabolisme secara berbeda dibanding rangkaian panjang lemak asam yang ditemukan dalam kebanyakan lemak. Lemak dalam minyak kelapa bermanfaat sebagai penghasil energi, ketimbang tersimpan begitu saja sebagai lemak.

2. Cuka sari apel

Dibuat dari fermentasi sari apel, cuka ini mengandung mineral, enzim, vitamin, dan asam amino yang kaya. Studi yang dilakukan American Diabetes Foundation menyatakan, konsumsi cuka sari apel sebelum makanan yang tinggi karbohidrat akan secara signifikan meningkatkan sensitivitas insulin. Hingga mengurangi lonjakan insulin yang menyebabkan seseorang menginginkan makanan manis tertentu.

3. Lemon

Menurut jurnal American College of Nutrition, kadar vitamin C berbanding terbalik dengan lemak tubuh. Mereka yang tubuhnya mendapatkan vitamin C dalam jumlah cukup akan membakar 30 persen lebih banyak lemak saat berolahraga dibanding yang memiliki kandungan vitamin C lebih sedikit. Mulai hari dengan segelas air lemon dan gantikan minyak salad dengan perasan lemon saat menyantap sayuran.

4. Ikan liar tinggi lemak

Kaya protein dan mengandung omega-3, ikan yang berlemak diantaranya salmon, herring, trout, dan sarden. Ikan-ikan ini bisa mengurangi berat badan sekaligus membantu manjaga massa otot.

Bukti lain menunjukkan omega-3 dalam ikan membantu meningkatkan metabolisme, Ikan liar umumnya mengandung lebih sedikit kontaminasi dibanding ikan yang dibudidayakan. Menjadikannya pilihan yang lebih sehat.

5. Grapefruit

Selain rendah kalori, buah ini kaya enzim dan membuat perut tetap kenyang. Konsumsi separuh grapefruit sebelum makan bahkan ditemukan bisa mengurangi berat badan mereka yang obesitas.

Tambahkan makanan-makanan ini dalam diet keseharian secara rutin. Untuk mengurangi berat badan secara jangka panjang, hilangkan kebiasaan menyantap makanan yang sudah diproses dan lakukan olah raga secara rutin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement