Rabu 07 May 2014 22:45 WIB

KPU: Penetapan Caleg Terpilih Tunggu KPU Pusat

Gedung KPU
Foto: Tahta Aidilla/ Republika
Gedung KPU

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN --Penetapan calon legislatif terpilih di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, masih menunggu penetapan caleg dari KPU pusat, kata Komisioner KPU Pamekasan Agus Kasianto, Rabu (7/5).

"Urutannya, dari KPU pusat dulu, lalu KPU Provinsi, baru setelah itu, penetapan caleg terpilih di KPU kabupaten," ucapnya.

Menurut Agus, sampai saat ini, KPU pusat belum menetapkan caleg terpilih, bahkan proses rekapitulasi belum selesai. Sehingga, KPU Pamekasan juga belum menetapkan caleg terpilih, kendatipun hasil rekapitulasi tingkat kabupaten telah selesai dan hasil perolehan suara partai dan caleg telah diketahui.

Menurut Agus Kasianto, ketentuan penetapan caleg terpilih yang dimulai dari KPU pusat itu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan tahapan pelaksanaan pemilu yang telah ditetapkan KPU pusat.

Oleh karenanya, sambung Agus, pihaknya harus menunggu penetapan caleg terpilih dari KPU pusat lebih dahulu, lalu KPU Provinsi Jawa Timur, dan terakhir KPU tingkat kabupaten.

"Kemungkinan minggu depan ini penetapan caleg dilakukan, jika tidak ada permasalah yang mendasar pada pelaksanaan rekapitulasi di tingkat pusat," katanya menjelaskan.

Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten yang digelar KPU Pamekasan berapa hari lalu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan partai politik yang berhasil meraih dukungan suara terbanyak dibanding partai politik lainnya.

Partai pimpinan Muhaimin Iskandar ini mampu mendulang hasil perolehan suara sebanyak 158.610 suara mengalahkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang hanya meraih dukungan 68.996 suara.

Caleg partai yang berhasil meraih dukungan suara terbanyak berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Pamekasan ialah caleg dari PKB nomor urut 8, yakni KH Kholilurrahman, sedangkan untuk DPRD Provinsi Jawa Timur ialah caleg dengan nomor urut 1, juga dari PKB, yakni Badrut Tamam.

Berikut rincian suara partai di Kabupaten Pamekasan berdasarkan hasil rekapitulasi manual KPU Pamekasan:

Perolehan suara partai

1). Partai Nasdem = 13.139

2). PKB = 158.610

3). PKS = 15.380

4). PDIP = 18.475

5). Partai Golkar 13.581

6). Partai Gerindra = 52.095

7). Partai Demokrat = 82.120

8). PAN = 27.418

9). PPP = 68.996

10).Partai Hanura = 9.779

11).PBB = 62.062

12).PKPI = 864.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement