Selasa 06 May 2014 15:56 WIB

Jalan Menuju Perkawinan Bahagia (2)

Perkawinan
Perkawinan

REPUBLIKA.CO.ID, Pernikahan yang mulus dan sukses sempurna mungkin tak pernah ada. Tapi, jalan menuju itu sangat terbuka lebar.

Persoalannya juga bukan karena Anda tak menemukan orang yang benar-benar sesuai bagi Anda. Pernikahan akan sukses jika Anda berdua memiliki komitmen mau berusaha untuk itu. Itu sebabnya disebutkan bahwa menikah itu sebagian daripada iman.

Sr Muntaqima Abdur-Rashid, konsultan pernikahan, memberikan tips yang sebagian besar berasal dari 'sekolah pernikahannya selama 14 tahun'.

6. Miliki rasa humor

Seringnya muncul tawa dalam kehidupan pernikahan Anda menunjukkan kehidupan yang minor dari perbuatan yang menjengkelkan, menyakitan hati, dan ganggguan lainnya. Orang yang memiliki rasa humor biasanya adalah orang yang bisa berpikir positif, memiliki kemampuan emosi yang stabil, cerdas, dan bahagia.

7. Pasangan Anda adalah yang terbaik

Jangan minta pasangan untuk menjadi seperti orang yang Anda dambakan, seperti selebritis pujaan, model di majalah, rekan di kantor atau bekas pacar dulu. Hal ini hanya akan menimbulkan perselisihan dan perasaan tak suka.

8. Berbagi tugas rumah tangga

Terutama menjadi penting ketika istri juga bekerja di luar rumah. Tak ada salahnya suami ikut menyiapkan sarapan pagi bersama, menemani anak belajar di rumah, atau belanja bulanan.

9. Memberi kejutan menyenangkan

Ajaklah pasangan kencan berdua di restoran atau nonton midnight di bioskop. Bisa juga jalan-jalan di pinggir pantai atau ke pegunungan hanya berdua. Kejutan dapat juga berupa barang yang diingininya atau hanya sebuah surat yang menyatakan terima kasih Anda atas curahan kasih sayang, perhatian, tanggung jawab, dan dukungannya selama ini. Tak lupa selipkan perasaan Anda padanya.

10. Bersikap terbuka dan saling mengkomunikasikan perasaan masing-masing

Sesekali cobalah memuji pasangan terang-terangan baik itu soal prestasinya, pekerjaannya, penampilannya, kebaikan hatinya atau selera humornya yang cerdas. Barangkali, disitu ada sedikit 'tipu-tipu', tapi ini bisa memotivasi dan menjadi kunci masuk untuk mendiskusikan hal yang dianggap perlu bagi Anda berdua. Tapi, jangan mengkoleksi strategi pura-pura ini setiap kali. Kejujuran dan saling menyenangkan tetap utama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement