Selasa 06 May 2014 11:42 WIB

Dua Istri dan Dua Anak Kepala Daerah Sulsel Lolos ke Senayan

Rep: Ira Sasmita/ Red: Mansyur Faqih
 Seorang pria melintas di depan ruang Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Nasional Penghitungan Suara Pemilu DPR & DPD tahun 2014 di ruang sidang utama KPU, Jakarta, Ahad (27/4). (Republika/Yasin Habibi)
Seorang pria melintas di depan ruang Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Nasional Penghitungan Suara Pemilu DPR & DPD tahun 2014 di ruang sidang utama KPU, Jakarta, Ahad (27/4). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengesahkan suara DPR dari tiga dapil di Provinsi Sulawesi Selatan. Dua orang caleg yang berstatus sebagai istri kepala daerah dan dua anak kepala daerah Sulsel lolos sebagai anggota DPR periode 2014-2019.

Istri kepala daerah yang lolos ke Senayan adalah Aliyah Mustika Ilham dan Fatmawati Rusdi. Aliyah merupakan istri dari Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Aliyah tercatat sebagai caleg nomor urut 3 Partai Demokrat dari Dapil Sulsel I. 

Dengan perolehan suara terbanyak sebesar 84.480, satu kursi untuk Partai Demokrat berhasil diraihnya. Dapil Sulsel I meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kedua, Fatmawati Russi, istri Bupati Sidrap, Rusdi Masse. Fatmawati merupakan caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari dapil Sulsel III. Ditempatkan pada nomor urut 1, ia berhasil meraih kursi dengan perolehan suara 93.856. Dapil Sulsel III meliputi kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu, Palopo, Luwu Timur.

Dua caleg yang merupakan anak kepala daerah adalah Andi Fauziah Pujiwatie Hatta dan Indira Chunda Thita. Andi Fauziah Pujiwatie Hatta merupakan putri Bupati Luwu Timur, Hatta Marakarma. Andi Fauziah maju sebagai caleg dari Partai Golkar, dengan nomor urut 3 untuk Dapil Sulsel III. 

Penyandang gelar dokter gigi itu memperoleh suara terbanyak dari Partai Golkar sebesar 96.330. Dapil Sulsel III meliputi Kabupaten Sidrap, Enrekang, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Pinrang, dan Kota Palopo.

Sementara Indira Chunda Thita merupakan putri dari Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo. Berbeda dengan ayahnya yang berasal dari Partai Golkar, Indira maju sebagai caleg nomor urut 1 dari PAN. Di Dapil Sulsesl I, Indira meraih suara terbanyak sebesar 104.293. 

Ia mengalahkan caleg-caleg dari parpol peserta pemilu lainnya di dapil yang meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Kabupaten Kepulauan Selayar itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement