Senin 05 May 2014 16:00 WIB

Ini Dia Penyebab Tubuh Cepat Gemuk (1)

Minuman bersoda menjadi penyebab tubuh mudah gemuk.
Foto: blogs.sacurrent.com -
Minuman bersoda menjadi penyebab tubuh mudah gemuk.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak penyebab tubuh dengan cepat menjadi gemuk. Beberapa diantaranya bahkan tanpa disadari sering kita lakukan. Ini dia beberapa diantaranya seperti dilansir dari laman Lifespan :

1. Menenggak minuman berkarbonasi secara rutin

Tidak bisa bertahan satu hari tanpa sekaleng atau segelas dua gelas minuman bersoda? Jika iya,  berarti Anda bersikap tidak baik pada tubuh. Menurut peneliti, satu atau dua gelas minuman soda setiap hari bisa menyebabkan lingkar pinggang bertambah setidaknya lima kali lebih cepat dibanding mereka yang hanya meminumnya sekali sepekan.

Soda pasalnya mengandung sangat banyak gula, memicu seseorang menginginkan makanan lebih banyak. Anda pun jadi makan jauh lebih banyak saat jam makan.

Soda diet juga tidak lebih baik dari varian biasa karena mengandung pemanis buatan. Hingga dapat meningkatkan keinginan menyantap seperti efek gula ke tubuh.

Jika sedang sangat ingin mengudap, disarankan memilih jus buah segar atau segelas air putih dengan perasan lemon.

2. Menggunakan piring besar saat makan

Perhatikan ukuran piring saat makan. Dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap individu pengidap obesitas, diketahui kalau mereka memilih makan dengan piring besar ketimbang dengan piring ukuran sedang atau kecil.

Piring yang besar memberi kesempatan lebih besar bagi Anda untuk memenuhi piring dengan makanan. Akibatnya tubuh menyantap jauh lebih banyak makanan dibanding apa yang dibutuhkan tubuh. Tubuh pun menyimpan lebih banyak lemak.

Gunakan piring yang lebih kecil. Sehingga keinginan menyantap makanan jadi berkurang bila makanan di piring sudah habis.

3. Makan tengah malam

Di malam hari secara alami tubuh membakar timbunan lemak saat manusia tidur. Tidur dengan perut kenyang pun tidak akan membantu kerja tubuh secara efisien. Selain menyebabkan timbunan lemak di pinggang, makan tengah malam meningkatkan risiko naiknya asam lambung dan masalah pencernaan. Sebab gravitasi tidak mampu menarik semua yang ada di perut langsung ke bawah.

Untuk menghindari kondisi ini, makan dalam porsi kecil di malam hari. Juga jangan berbaring setidaknya tiga jam setelah makan malam. Jika mungkin pilih mengudap buah saat lapar tengah malam menyerang, ketimbang menyantap makanan manis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement