Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Gara-gara Asap Pria Cina Ceraikan Istrinya

Kamis 01 May 2014 14:58 WIB

Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Seorang pria di Beijing menceraikan istrinya yang membawa anak lelaki mereka ke sebuah pulau tropis untuk menghindari kabut asap di ibu kota, dan mengatakan bahwa hubungan jarak jauh itu telah menghancurkan perkawinan mereka.

Pria yang dikenali dengan nama keluarga Wang itu menikahi istrinya pada 2008 dan dikarunia seorang anak lelaki dua tahun kemudian, tulis media lokal Beijing Times.
Laporan tersebut juga dikutip oleh beberapa media dan portal lokal, termasuk kantor berita Xinhua.

Anak mereka mengidap penyakit serius akibat polusi udara Beijing dan istrinya kemudian membawa anak itu ke pulau wisata Hainan untuk menghindari kabut asap.

Namun istri Wang rupanya tidak suka tinggal di Hainan dan iapun juga tidak ingin hidup terpisah dengan suaminya. Setiap kali bertemu, keduanya selalu bertengkar, demikian laporan media itu.

Merasa jenuh dengan kondisi seperti itu, Wang mengajukan cerai ke pengadilan Beijing. "Kabut asap 'mengubur' kesehatan anak saya, dan juga 'mengubur' perkawinan saya," katanya seperti dikutip media.

Kasus perceraian tersebut masih ditunda oleh pengadilan, kata media. Tidak disebutkan bagaimana perasaan istrinya mengenai permohonan cerai itu.

Pesatnya pertumbuhan ekonomi selama bertahun-tahun telah mengorbankan kondisi lingkungan di Cina. Polusi merupakan sumber utama ketidakpuasan masyarakat dan munculnya kerusuhan, terutama menimbulkan kabut asap di kota-kota besar.

Pemerintah mengatakan bahwa penanggulangan polusi menjadi prioritas utama namun hal tersebut hanya sedikit berpengaruh pada kondisi kabut asap yang telah mempersuram kehidupan jutaan warga.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA