Sabtu 26 Apr 2014 13:10 WIB

Pergantian Pemain Pertama di Laga Internasional

Rep: C63/ Red: Didi Purwadi
Piala Dunia 1954
Foto: www.mullocksauctions.co.uk
Piala Dunia 1954

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pergantian pemain dalam sepak bola internasional pertama kali terjadi pada 15 April 1889 saat pertandingan yang mempertemukan Wales melawan Skotlandia. Saat itu, peraturan sepak bola internasional melarang pergantian pemain dengan alasan apapun termasuk cedera pemain.

Namun, sesaat sebelum laga dimulai, penjaga gawang Wales Jim Trainer berhalangan hadir. Asosiasi Sepak bola Wales saat itu juga memanggil darurat penjaga gawang Wales lain Sam Gillam yang tinggal di Wrexham untuk mengganti posisi Trainer.

Tetapi, kedua tim sepakat untuk memulai pertandingan sesuai jadwal dengan Wales menggunakan kiper amatir mereka yang bernama Alf Pugh sampai Gillam tiba.

Gillam yang baru datang menjelang menit ke-30 pun kemudian masuk menggantikan Pugh. Meski amatir, Pugh sendiri tampil baik dengan berhasil menjaga pertahanan Wales.

Momen tersebut yang kemudian menandai sebagai pergantian pemain pertama dalam sepak bola Internasional. FIFA sendiri baru secara resmi mengakui penggunaan penggantian pemain dalam sepak bola internasional sampai kualifikasi Piala Dunia 1954.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement