Jumat 25 Apr 2014 16:57 WIB

Mahasiswa UI Berjaya di Kompetisi Arbitrase Internasional Semu

Rep: Hannan Putra/ Red: Joko Sadewo
Logo Universitas Indonesia
Logo Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Lima mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan mencetak tiga prestasi dalam rangkaian kompetisi Arbitrase Intemasional Semu terbesar di dunia, the 21" Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot (Vis Moot).

Kemenangan tersebut sekaligus menyisihkan 220 universitas di dunia diantaranya Yale University, Harvard University, University College London, King’s College London, Leiden University, dan University of Washington.

Kelima mahasiswa FHUI tersebut adalah Jeremiah Purba (FH’10), Artika Nuswaningrum (FH’13), Asri Rahimi (FH’ll), Kezia Minar Paladina (FH’12) dan Putri Meisita Kusuma (FH’10). Mereka mewakili Indonesia dalam tiga ajang kompetisi Vis Moot dengan pencapaian Juara 1, juara 2, dan Honorable Mention of Frederic Eisemann Award.

Kapten Tim FHUI Jeremiah Purba mengatakan Kerja keras tim UI ini adalah buah hasil latihan mereka selama enam bulan di bawah bimbingan senior mereka Topo Santoso PhD, yang juga Dekan FH UI. "Kerja keras mereka telah berbuah manis, tidak hanya bagi tim maupun Fakultas melainkan juga bagi UI serta Indonesia," ujarnya, seperti keterangan Kepala kantor Komunikasi UI kepada //Republika Online (ROL)//, Jumat (25/4) dalam acara Temu Ramah dan Apresiasi Warawan di Lingkungan UI, Jumat (25/4) di Hotel Serela Bandung.

Tim FH UI berhasil masuk 64 besar selama dua tahun berturut-turut bersama dengan universitas tersohor dunia seperti Comell Law School, Columbia University, University of Amsterdam, Utrecht University. "Kami berharap advokat Indonesia kelak tidak klise dengan advokat penyuap dan korupsi, namun menjadi sosok advokat yang cerdas dengan keahlian berbicara yang handal,” tambah Jeremiah.

Juara 1 diraih dalam the 6th Annual BBH Prague Vis Pre-Moot pada 4-6 April 2014 di Praha, Republik Ceko. Juara 2 diraih dalam The 4th Budapest (CEU) Vis Pre-Moot and Conference on International Commercial Law and Arbitration pada 7-9 April 2014 di Budapest, Hungaria.

Selain itu, tim ini juga mendapatkan penghargaan Honorable Mention of Frederic Eisemann Award. Sedangkan yang ketiga diraih salah satu anggota tim FH UI, Asri Rahimi yang berhasil memperoleh Honorable Mention of Martin Domke Award sebagai salah satu oralist terbaik yang diselenggarakan pada 12-17 April 2014 di Wina, Austria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement