Rabu 23 Apr 2014 14:50 WIB

Daftar Bola di Piala Dunia (3)

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi
Brazuca
Foto: fifa
Brazuca

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Bola yang digunakan di Piala Dunia selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Berikut daftar nama-nama bola yang pernah menjadi bola resmi perhelatan Piala Dunia.

Piala Dunia 1978 (Tango Durlast)

Dianggap bola termahal yang pernah dibuat oleh Adidas, yang mencapai 50 dollar US pada saat itu. Sama seperti Telstar yang berbahan dasar kulit dan karet, Tango DUrlast menampilkan pola baru di permukaan bola. 20 panel dengan pola segitiga seolah menampilkan ilusi optik adanya 12 pola lingkaran yang mengelilingi bola. Pola ini terus bertahan hingga 20 tahun kemudian, atau tepatnya lima gelaran Piala Dunia berikutnya.

Piala Dunia 1982 (Tango Espana)

Pengunaan karet di lapisan terluar membuat bola resmi Spanyol 1982 ini memiliki kualitas tahan terhadap air lebih baik dibanding pendahulunya. Namun, akibat lapisan karet ini, bola justru tidak terlalu kuat dan harus diganti beberapa kali dalam satu pertandingan. Tango Espana adalah bola resmi Piala Dunia terakhir yang menggunakan kulit sebagai bahan dasarnya.

Piala Dunia 1986 (Azteca)

Bola pertama yang menggunakan bahan sintetis, polyurethane, sebagai lapisan terluar bola. Penggunakan bahan sintetis ini agar bola lebih tahan lama, lebih tahan air, dan tetap menjaga bentuk bola saat digunakan.

Berkat teknologi ini, Azteca dapat digunakan di segala cuaca. Azteca juga menjadi bola pertama yang dijahit menggunakan tangan dan  menerapkan desain berdasarkan budaya negara tuan rumah. Sesuai namanya, corak bola ini disesuaikan dengan mural serta bentuk arsitektur khas suku Aztec.

Piala Dunia 1990 (Etrusco Unico)

Gambar desain tiga kepala singa Etruscan terpampang di 20 panel yang mengelilingi bola. Pemilihan simbol seni Etruscan merupakan bentuk penghormatan terhadap budaya masa lalu Italia, Etruscan. Sementara di sisi teknologi, bantalan berbahan dasar polyurethane ditempelkan di bawah lapisan terluar bola.

Piala Dunia 1994 (Questra)

Questra, yang berarti perjalanan menuju bintang-bintang, menjadi bola resmi Amerika Serikat 1994. Corak bertema luar angkasa menghiasi pola segitiga yang terdapat di permukaan bola. Corak ini dipilih sebagia bagian peringatan ke-25 tahun peluncuran pesawat ulak-alik Amerika Serikat, Apollo 11.

Penggunanan bahan dasar bola dari lima material sekaligus dan lapisan busa polyurethane menjadi teknologi terbaru yang diiperkenalkan Adidas. Perpaduan teknologi ini membuat Questra lebih tahan air dan lebih empuk saat disentuh dan lebih cepat saat digiring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement