Rabu 23 Apr 2014 14:40 WIB

Daftar Bola di Piala Dunia (1)

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi
Brazuca, bola resmi Piala Dunia 2014.
Foto: AP/Victor R. Caivano
Brazuca, bola resmi Piala Dunia 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Bola yang digunakan di Piala Dunia selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Berikut daftar nama-nama bola yang pernah menjadi bola resmi perhelatan Piala Dunia.

Piala Dunia 1930 (Model T dan 12 Panel)

Model panel yang berbentuk T menjadi bola yang digunakan di Uruguay 1930. Selain adanya panel berbentu T, bola di edisi pertama Piala Dunia ini juga masih memiliki bagian yang dijahit.

Uniknya, di partai final, ada dua bola yang digunakan, Model T dan 12 panel. Pada babak pertama, T panel digunakan atas permintaan Argentina.

Sementara di babak kedua, Uruguay meminta mengganti bola menggunakan bola dengan 12 panel. Pada saat itu, bola terbuat dari karet dan dilapisi oleh kulit.

Piala Dunia 1934 (Federale 102)

Berbeda di Piala Dunia 1930, bola yang digunakan Piala Dunia 1934 hanya terdiri dari 13 panel. Federale 102 merupakan produksi salah satu perusahan asal Italia, ECAS (Ente Centrale Approvvigionamento Sportivi),  yang berbasis di Roma. Pada masa ini, penyedia bola resmi Piala Dunia berasal dari produsen-produsen lokal.

Piala Dunia 1938 (Allen)

Nama Allen diambil dari perusahaan yang menyediakan bola di Piala Dunia 1938. Bola ini terdiri dari 13 panel kulit. Di bagian yang masih memiliki jahitan, ada tiga panel, sementara bagian lainnya terdiri dari dua panel. Bola pun masih berbahan dasar karet dan kulit.

Piala Dunia 1950 (Super Duplo T)

Ini menjadi bola pertama yang digunakan di Piala Dunia yang tidak memiliki jahitan. Hal ini lantaran adanya katup yang berada di dalam bola. Warna dasar coklat masih mendominasi bola yang digunakan di Brasil 1950 itu. Selain di Piala DUnia 1950, Super Duplo juga menjadi bola paling populer yang digunakan pada sepanjang 50an.

Piala Dunia 1954 (Swiss World Champions)

Perusahaan yang berbasis di Basel, Kost Sport, menjadi perusahan penyedia bola resmi Piala Dunia 1954. Bola ini memiliki tulisan ''Swiss World Champion'' di salah satu bagiannya. Tidak hanya itu, bola di Swiss 1954 ini menjadi bola pertama yang menggunakan 18 panel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement