Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Ban Kutuk Serangan terhadap Pangkalan PBB di Sudan Selatan

Jumat 18 Apr 2014 17:20 WIB

Red: Didi Purwadi

Ban Ki Moon

Ban Ki Moon

Foto: Antara/Wahyu Putro

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, Kamis (17/4) mengutuk keras serangan terhadap satu pangkalan PBB di Sudan Selatan, tempat warga sipil dilindungi oleh misi PBB di negeri tersebut.

Satu pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara Ban mengatakan serangan terhadap warga sipil dan prajurit pemelihara perdamaian di lokasi Perlindungan Warga Sipil UNMISS (Misi PBB di Republik Sudan Selatan) di Bor, Ibu Kota Negara Bagian Jonglei, adalah peningkatan serius.

"Sekretaris Jenderal mengingatkan semua pihak bahwa setiap serangan terhadap Prajurit Pemelihara Perdamaian PBB tak bisa diterima dan merupakan kejahatan perang," katanya.

Pemimpin PBB itu mendesak pemerintah Sudan Selatan agar segera melakukan tindakan guna menjamin keselamatan semua lokasi Perlindungan Warga Sipil UNMISS di negeri tersebut.

Ban juga menyeru semua pihak agar menahan diri dari setiap tindakan atau pernyataan yang dapat meningkatkan situasi.

''Ia juga menyampaikan belasungkawanya kepada keluarga prajurit yang tewas dan menjanjikan semua dukungan yang mungkin bagi mereka yang cedera dalam serangan itu, demikian laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Jumat (18/4).

sumber : Antara/Xinhua-OANA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA