Kamis 17 Apr 2014 15:08 WIB

Didemo Mahasiswa ITB, Jokowi Batal Beri Kuliah Tamu

Rep: C30/ Red: A.Syalaby Ichsan
Dukungan Jokowi untuk pencapresannya.
Foto: Yasin Habibi/Republika
Dukungan Jokowi untuk pencapresannya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kedatangan Gubernur DKI Jakarta Joko 'Jokowi' Widodo disambut aksi demo oleh ratusan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Akibat aksi ini, orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut batal mengisi kuliah umum. Jokowi hanya menyampaikan sambutan tak lebih dari 5 menit.

"Saya tidak ingin memperpanjang polemik. Saya di sini statusnya hanya diundang," kata salah satu mahasiswa ITB yang akan mengikuti kuliah umum, Musodaq yang menirukan ucapan Jokowi, Kamis (17/4).

Bakal calon presiden dari PDIP tersebut dijadwalkan akan mengisi kuliah umum di Aula Timur kampus ITB pada pukul 13.00 WIB. Sebelumnya, Jokowi juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dengan ITB.

Saat rombongan mobil Jokowi datang, ratusan mahasiswa telah menghadang di gerbang masuk kampus ITB. Spanduk bertuliskan 'Kampus Netral Harga Mati', 'Turut Berduka Cita Atas Politisasi ITB' menyambut kedatangan Jokowi.

Sempat terjadi dorong-dorongan antara petugas keamanan kampus bersama polisi dengan mahasiswa yang melakukan aksi. Dua mobil rombongan Jokowi yang sebelumnya terjebak berhasil masuk. Namun, aksi terus dilakukan di luar Aula Timur tempat Jokowi yang rencananya akan memberi kuliah tamu.

"Kami tidak menolak Jokowi, tapi kami tidak mau kampus ITB dipolitisasi oleh siapapun," kata Presiden Keluarga Mahasiswa ITB Jeffry Giranza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement