Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Amerika 'Guyur' Ukraina Satu Miliar Dolar AS

Selasa 15 Apr 2014 08:07 WIB

Red: A.Syalaby Ichsan

Peta Ukraina

Peta Ukraina

Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON -- Amerika Serikat pada Senin (14/4) menandatangani perjanjian jaminan pinjaman satu miliar dolar AS untuk Ukraina. Bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya internasional yang dipimpin Dana Moneter Internasional (IMF) untuk mendukung perekonomian negara itu.

Menteri Keuangan Jacob Lew mengumumkan penandatanganan setelah pertemuan dengan Menteri Keuangan Ukraina Oleksandr Shlapak.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Menteri Shlapak karena ia dan timnya yang telah meletakkan program reformasi ekonomi komprehensif bersama-sama dengan IMF. Amerika Serikat sangat ingin melihat Ukraina makmur, dan kami akan terus mendukung  warga Ukraina bergerak maju untuk mewujudkan aspirasi yang sudah lama mereka pegang," kata Lew.

Kongres AS awal bulan ini mengeluarkan undang-undang untuk memberikan bantuan ekonomi kepada Ukraina. Jaminan pinjaman satu miliar dolar AS merupakan bagian dari paket bantuan bilateral AS yang juga mencakup bantuan teknis untuk membantu Ukraina kembali ke jalur pemulihan ekonomi.

Dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan dengan pejabat Ukraina, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan Ukraina telah membuat "kemajuan yang baik" dalam melaksanakan tindakan kebijakan, dan penyelesaian tindakan merupakan prasyarat untuk pertimbangan program dana talangan (bailout) oleh dewan eksekutif IMF.

Dia berharap dewan IMF untuk mempertimbangkan ini dalam beberapa minggu mendatang.IMF mencapai kesepakatan tingkat staf dengan pihak berwenang Ukraina pada akhir Maret tentang program pinjaman dua tahun. Perjanjian ini tunduk pada persetujuan dari manajemen IMF dan dewan eksekutif.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA