Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Begini Caranya Agar Nyaman Tidur di Pesawat

Senin 14 Apr 2014 01:46 WIB

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Chairul Akhmad

Ilustrasi

Ilustrasi

Foto: Flyflytravel.com

REPUBLIKA.CO.ID, Jadwal kerja yang padat kadang memmbuat seseorang harus bermalam di pesawat terbang. Dalam kondisi serba terbatas, penumpang pesawat sebaiknya mengusahakan agar bisa tidur dengan nyaman.

Penumpang kelas bisnis tentu posisinya bisa lebih nyaman dibandingkan penumpang kelas ekonomi. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa diakali. Berikut cara tidur yang nyaman di pesawat sebagaimana dirangkum dari Huffingpost.com, Senin (14/4):

1. Susunlah jadwal kerja denggan cermat dan manfaatkan fasilitas
Kalau Anda terpaksa harus berangkat larut malam, aturlah jadwal kerja keesokan harinya dengan efisien. Pastikan Anda mempunyai cukup waktu untuk mandi dan sejenak memulihkan badan agar tak diserang jetlag.

Lalu, pilihlah kursi yang tepat, yaitu di dekat jendela. Hal ini agar Anda tak terganggu penumpang di sebelah yang hendak ke toilet atau dapur.

Kini banyak maskapai yang menyediakan penawaran mil frequent flyer untuk ditukar dengan berbagai fasilitas. Misalnya saja Singapore Airlines, Cathay Pasific atau Emirates. Kumpulkan mil tersebut untuk ditukar dengan kelas bisnis atau meminta kursi ekstra lebar yang mirip tempat tidur.

2. Siapkan tubuh Anda dan bawa perlengkapan tidur
Banyak-banyaklah minum air putih agar Anda tidak dehidrasi ketika menempuh perjalanan panjang. Alkohol dan terlalu banyak kafein tidak disarankan untuk Anda kecuali ingin terlalu sering ke kamar kecil.

Bagi beberapa orang, mereka pergi ke dokter untuk meminta obat tidur agar bisa terlelap sama nyenyak dengan di kasur. Saran kami, bawalah penutup mata dan telinga yang nyaman. Pesawat memang menyediakan penutup telinga, namun kualitasnya kami rasa bukan yang terbaik. Gunakan juga pakaian longgar agar Anda tidak sesak.

3. Segera cuci muka setelah mendarat
Perjalanan larut malam membuat tubuh terasa sangat lelah di pagi hari. Cara terbaik agar Anda langsung bangun, yaitu dengan mencelupkan kepala Anda di dalam bak atau wastafel. Dengan demikian, tubuh Anda akan terasa rileks sekaligus menurunkan detak jantung. Secangkir kopi setelahnya akan membuat Anda siap menghadapi hari-hari sibuk sekali pun.





BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA