Selasa 08 Apr 2014 18:20 WIB

Agar Pemilu Jawa Timur Tidak Dicurangi, Ini Langkah PKS

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Julkifli Marbun
PKS
Foto: ,
PKS

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Surabaya, Jawa Timur, melakukan perhitungan suara cepat untuk pemilihan umum (Pemilu) 2014 dengan metode real count yang terkomputerisasi.

Sekretaris Umum DPD PKS Kota Surabaya, Achmad Zakaria mengatakan, real count dilakukan untuk memantau pergerakan suara hasil pemilihan legislatif Rabu (9/4) agar bisa berjalan secara tertib dan cepat.

"Hasil entry relawan data center PKS akan dibuat tabulasi secara komputerisasi di semua dapil, sehingga kita bisa mengetahui perhitungan suara secara cepat dan akurat,"ujar Zakaria, Selasa (8/4).

Zakaria mengatakan, perhitungan suara Real Count melibatkan 200 relawan data yang akan menginput form C1 perhitungan suara dari TPS se-Surabaya. Perhitungan ini berbeda dengan quick count yang hanya melibatkan ratusan sampling tempat pemungutan suara (TPS), tetapi real count PKS melibatkan data dari 5.015 TPS yang tersebar di Surabaya. Untuk memaksimalkan real count, pihaknya menyulap Kantor Partai PKS sebagai data center yang beroperasi sejak Rabu (9/4) siang sampai Kamis siang (10/4).

"Tim relawan Real Count sudah disiapkan selama tiga hari ini dan kita berharap kita sudah bisa menyelesaikan real count pemilu 2014 di Surabaya pada Kamis (10/4)," ujarnya.

PKS berharap real count ini sebagai data pembanding yang akan bisa didiskusikan secara terbuka kepada publik, sehingga potensi kecurangan dalam perhitungan suara di TPS, Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bisa diminimalisasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement