Senin 07 Apr 2014 14:30 WIB

Ini Dia Karakteristik Warna Bagi Seseorang (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warna bisa memengaruhi suasana hati seseorang. Sebuah studi tentang psikologi warna menemukan fakta bahwa warna-warna tertentu memengaruhi suasana hati seseorang dengan cara tertentu. 

Warna tertentu terikat dengan pikiran, perasaan, dan perilaku. Salah satu ide mendasar adalah membagi warna ke dalam dua kelompok, yaitu warna hangat dan warna dingin. 

Warna hangat terdiri dari merah, oranye dan kuning. Ini dianggap sebagai warna yang lebih aktif, menarik, dan enerjik. Warna dingin terdiri dari biru, hijau, dan ungu. Warna ini dianggap sebagai warna santai, menenangkan, dan pasif. 

Apa saja karakteristiknya? Berikut pemaparannya, dilansir dari Symptomfind, Senin (7/4).

1. Merah

Merah dapat meningkatkan semangat di dalam tubuh. Warna ini sering diasosiasikan dengan cinta, gairah, panas, dan maskulinitas.

2. Oranye

Oranye dianggap sebagai warna penuh energi dan kebahagiaan. Hal ini sering dikaitkan dengan sifat antusias, positif, optimisme, dan sifat menyenangkan.

3. Kuning

Sama halnya dengan oranye, kuning juga terkait dengan perasaan senang dan bahagia. Selain itu, kuning bisa merangsang saraf dan meningkatkan kreativitas. 

Kuning selalu dikaitkan dengan pecerahan, kebijaksanaan dan semangat seperti warna matahari.

4. Hijau

Hijau adalah warna terang dan menenangkan. Warna ini berhubungan dengan alam dan uang. Hijau dianggap membawa keberuntungan dan kemurahan hati.

5. Biru

Biru adalah warna terkeren dari warna-warna dingin lainnya. Biru sering dianggap sebagai warna yang santai dan menenangkan. Beberapa bahkan mengaitkan warna biru dengan penyakit sebab bisa menyembuhkan. Biru juga dikaitkan dengan perdamaian, ketenangan, kebersihan, dan teknologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement