Sabtu 05 Apr 2014 11:46 WIB

Blusukan di Pasar Papua, Jokowi Dikawal Ketat

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Muhammad Hafil
Pendukung Joko Widodo (Jokowi) melakukan aksi spontan mendukung pencalonan Gubernur Jakarta itu sebagai presiden.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Sejak pagi, ratusan pedagang di Pasar Yotefa, Abepura, Jayapura, Papua sudah riuh membicarakan calon presiden Joko Widodo yang akan mengunjungi pasar mereka. Kebanyakan warga penasaran, seperti apa sosok pria yang dikenal suka blusukan ke pasar tersebut.

Sejak pagi pula, aparat kepolisian setempat sudah berjaga di pasar tradisional yang dikelilingi perbukitan hijau itu. Namun, Jokowi sendiri baru tiba di Pasar Yotefa pukul 12.30 WIT. Dengan dikawal mobil polisi, Jokowi tiba dengan menumpang mobil Innova berwarna hitam.

Seperti biasa, pria yang masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta tersebut mengenakan kemeja putih dipadu celana panjang hitam. Jokowi dikawal ketat sejumlah pengawal pribadinya yang semuanya mengenakan kemeja putih. Ikut terlihat dalam rombongan tersebut Andi Widjajanto, tim pemenangan Jokowi for President. Berjarak sekitar tiga meter dari Jokowi berdiri, terlihat seorang personil Brimob bersenjata lengkap yang siap siaga.

Turun dari mobil, Jokowi langsung masuk ke dalam pasar. Kehadiran Jokowi tersebut membuat banyak orang berkerumun mengelilingi sosok dia. Sampai-sampai, polisi harus membukakan jalan agar mantan wali kota Solo tersebut bisa berjalan bebas. Sementara, warga yang enggan bersusah payah berdesakan demi bersalaman dengan Jokowi, memilih berdiri berjejer di gang pasar. Berharap Jokowi lewat di depan mereka.

"Mana sih Pak Jokowi," kata salah satu warga.

"Itu, yang pakai baju putih," timpal warga yang lain.

Jokowi kemudian berhenti di lapak seorang wanita tua yang berjualan tomat. Dia sana dia membeli dua kantong tomat segar. Dia kemudian lanjut berjalan dan berhenti di lapak pedagang ikan asap khas Papua. Di sana, Jokowi membeli empat ekor ikan asap seharga Rp 120 ribu.

"Wah enak banget ikan ini," ujar Jokowi sambil menenteng barang belanjaannya.

Sebelum meninggalkan pasar, Jokowi sempat berdiri di pijakan kaki mobil untuk melambaikan tangan pada semua warga yang ada di pasar. Warga pun bersorak sambil meneriakkan nama Jokowi.

"Hidup Jokowiii," teriak warga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement