Jumat 04 Apr 2014 18:29 WIB

Towi/Butet Jadi Satu-satunya Wakil di Semifinal India Open

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memegang trofi usai menjuarai ganda campuran Kejuaraan All England di Birmingham, Inggris, Ahad (10/3).
Foto: AP/Alastair Grant
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memegang trofi usai menjuarai ganda campuran Kejuaraan All England di Birmingham, Inggris, Ahad (10/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana 'Butet' Natsir menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke babak semifinal India Super Series (SS). Towi/Butet menang mudah di babak perempat final melawan pasangan dari Denmark, Mads Pieler Koldings/Kamilla Rytter Juhl dengan skor 21-15 dan 21-9.

Di awal gim pertama, pasangan Denmark ini mampu mengimbangi serangan Towi/Butet. Unggul 3-1, kemudian Mads/Juhl membalikkan keunggulan menjadi 7-8. Tapi Towi/Butet unggul di akhir interval gim pertama dengan 11-10. Pada interval kedua, Towi/Butet terus unggul dengan menampilkan serangan-serangan dan variasi pukulan. Unggul dari 17-12 dan mengakhiri gim pertama dengan 21-15.

Pada gim kedua, strategi Towi/Butet untuk terus menyerang pasangan baru ini terus dilakukan hingga unggul jauh 11-3 pada interval gim kedua. Towi/Butet terus unggul jauh dari 14-5, 18-7 dan mengakhiri perlawanan Mads/Juhl dengan 21-9. Dengan kemenangan ini, tiket di babak semifinal telah dikantongi pasangan unggulan 2 di turnamen ini.

Sayangnya, hasil positif yang diraih Towi/Butet tidak diikuti dua wakil Indonesia lainnya di babak perempat final. Pasangan baru Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto dikalahkan pasangan ganda campuran unggulan 1 dari Cina, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Praveen/Debby kalah dengan perlawanan ketat selama 3 set yaitu 21-19, 10-21 dan 13-21.

Sedangkan wakil Indonesia lainnya di tunggal putri, Aprilia Yuswandari dikalahkan pemain asal Cina, Liu Xin dengan skor mudah, 15-21 dan 8-21. Dengan begitu, Towi/Butet menjadi satu-satunya wakil Indonesia di babak semifinal India SS untuk meraih juara keempat kalinya di turnamen ini.

Sementara itu, di turnamen Osala International Challeng (IC), 2 wakil Indonesia melaju ke babak semifinal. Di babak perempatfinal, ganda putri Komala Dewi/Meiliana Jauhari yang ditempati di unggulan 2 mengalahkan pasangan Taiwan, Kai hsin Chiang/Fang Chien Wu dengan 15-21, 21-12 dan 21-12.

Sedangkan di ganda campuran, pasangan unggulan 2, Muhammad Rizal/Vita Marissa mengalahkan unggulan 7 dari Jepang, Takuto Inoue/Yuki Fukushima dengan 21-17 dan 21-11. Wakil Indonesia lainnya di ganda putri, Shendy Puspa Irawati/Bita Marissa dikalahkan pasangan Jepang, Ayane Kurihara/Naru Shinoya dengan 20-22 dan 15-21.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement