Rabu 02 Apr 2014 21:00 WIB

Golkar Diprediksi Menang Pileg

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Indira Rezkisari
Kampanye Partai Golkar
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Kampanye Partai Golkar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Golkar dikatakan satu-satunya partai yang mampu mengimbangi tingkat keterpilihan PDI Perjuangan dalam pemilu 2014. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dalam survei teranyarnya mengatakan, banteng moncong putih akan kandas di bawah pohon beringin.

"Golkar akan menang tipis melawan PDI Perjuangan. Dengan perolehan suara 21,9 persen, dan 21,1 persen suara," kata peneliti LSI Adjie Alfaraby, saat mempresentasikan hasil survei LSI teranyar, di Jakarta, Rabu (2/4).

Dikatakan dia, menang tipis itu, akan membuat dua partai besar itu, menjadi kompetitor kuat dalam pileg.

LSI melakukan survei terkait kampanye negatif dan prediksi hasil pileg 2014. Survei dilakukan pada 22-26 Maret 2014 dengan 1.200 responden di 33 provinsi. Survei, diterangkan Adjie menggunakan metode multi sampling random, dengan tingkat kesalahan selebar 2,9 persen.

Diterangkan Adjie, menyusul di peringkat ke tiga dan ke empat penguasa parlemen mendatang adalah partai Gerindra dan partai Demokrat. Partai pimpinan capres Prabowo Subianto itu diprediksi menang dengan 11,1 persen suara.

Dan Demokrat, harus puas dengan perolehan 7,6 persen suara.

Bagaimana dengan partai Islam? Diterangkan Adjie, satu-satunya partai berbasis agama yang masuk lima besar adalah PKB. Partai poros tengah itu, diprediksi persis di bawah suara Demokrat dengan 5,9 persen suara. Menyusul PKS dengan 5,2 persen suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement