Selasa 01 Apr 2014 18:56 WIB

Yusril: Parpol Islam Dikerdilkan

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Julkifli Marbun
Calon presiden Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Calon presiden Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Partai Bulan Bintang (PBB) merasa senang dengan dukungan beberapa tokoh Muslim yang menyeru untuk memilih parpol berlatar belakang Islam. Mereka yang mendukung keberlangsungan partai Islam adalah Solahuddin Wahid, Fahmi Zarkasy, Toety Alawiyah Abdullah Sjafi’I, serta turut didukung Ali Achsan Mustofa, Dawam Rahardjo, dan Yudi Latif.

 

Ketua Dewan Syuro PBB Yusril Ihza Mahendra menyatakan rasa terima kasihnya kepada mereka yang tergabung dalam Ahlul Haqqi Wa Aqdi. “Ini bagus ada dukungan dari tokoh Islam supaya parpol bercirikan Islam tetap eksis,” ujar Yusril ketika dihubungi, Selasa (1/4).

 

Menurut dia, keberadaan parpol Islam sebenarnya bisa berkembang. Hanya saja, ada pihak-pihak tertentu yang berupaya membonsai perkembangan partai Islam. PBB, kata dia, juga merasakan tantangan serupa yang keberlangsungan partainya coba dihadang pihak tertentu.

 

“Ada gerakan sistematis untuk menghadang parpol Islam. Padahal, kita bisa eksis dengan memberikan warna keislaman dalam politik dengan berlandaskan nilai Pancasila,” ujar pakar hukum tata negara itu.

 

Yusril mencurigai beberapa lembaga survei yang secara tidak langsung menggiring masyarakat untuk menjauhi parpol Islam. Caranya adalah dengan membentuk opini tentang raihan parpol Islam yang elektabilitasnya rendah. Karena dilakukan secara gencar dan berkelanjutan, lanjut dia, dampaknya sebagian kelompok alergi untuk memilih parpol Islam.

 

“Kita sedih tanpa sadar ikut-ikutan ikut gerakan pengamat dari kampus tertentu yang merendahkan parpol Islam. Republika jangan ikut-ikutan terbawa dengan cara yang dibawa mereka.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement