Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Jembatan Musi 4 Dialokasikan Rp 10 Miliar

Senin 24 Mar 2014 21:25 WIB

Rep: maspriel aries/ Red: Taufik Rachman

 Ratusan kendaraan yang didominasi truk memadati jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera di kawasan Jembatan Musi II Palembang, Sumatera Selatan.

Ratusan kendaraan yang didominasi truk memadati jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera di kawasan Jembatan Musi II Palembang, Sumatera Selatan.

Foto: Antara/Nia Fua'di

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG --- Rencana pemerintah menambah jembatan yang melintas di atas sungai Musi dalam Kota Palembang akan segera terealisasi. Pemerintah melalui APBN 2014 telah mengalokasikan dana tahap awal untuk konstruksi Jembatan Musi 4.

Kepala BPPJN (Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional) III Sumatera Direktorat Jendral Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum  Tasripin Sartiyono, Senin (24/3) menjelaskan,

“Tahun anggaran 2014 pemerintah telah mengalokasikan melalui  APBN dana tahap awal konstruksi jembatan Musi 4 sebesar Rp10 miliar. Saat ini kita tengah menanti review design dan tender yang akan dilaksanakan Mei 2014.”

Menurut Tasripin tahap awal konstruksi jembatan Musi 4 akan dimulai dari pondasi paling bawah yang akan ditanam. “Total keseluruhan anggaran yang diperlukan untuk konstruksi jembatan Musi 4 ini sekitar Rp300 miliar,” katanya.

Untuk lokasi jembatan Musi 4 sudah ditetapkan yang di kawasan Pasar Kuto Palembang. Jembatan ini akan memiliki rentang pondasi jembatan sepanjang 300 meter dengan lebar 11 meter.

Setelah selesai proses tender, jembatan Musi IV pembangunan direncanakan dibangun Juli 2014. Untuk pembebasan lahan lokasi proyek tersebut dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota Palembang.

Untuk tahap awal pembangunan jembatan pada Juli sampai Desember 2014 Kementerian PU merencanakan penyelesaian pembangunan konstruksi di kawasan seberang ilir. Kemudian pada 2015 pengerjaan kontruksi di bagian seberang ulu yang berlokasi di kawasan Sungai Kangkang dilanjutkan konstruksi di atas air atau sungai.

Pembangunan Jembatan Musi IV yang menggunakan dana APBN sebesar Rp585 miliar ditargetkan selesai akhir 2016. Jembatan ini akan memiliki panjangnya mencapai 700 meter ditambah jalan penghubung sehingga panjang total jembatan Musi 4 mencapai 1,4 kilometer.

Untuk pembebasan lahan pemerintah provinsi dan pemerintah kota akan membebaskan lahan di kawasan seberang ilir dan seberang ulu dengan luas mencapai 4,1 hektar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA