Kamis 20 Mar 2014 18:48 WIB

Tips Cermat Membersihkan Perhiasan

Ada trik khusus untuk membersihkan perhiasan dari emas dan batu berharga.
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Ada trik khusus untuk membersihkan perhiasan dari emas dan batu berharga.

REPUBLIKA.CO.ID, Seberapa rutin aksesoris atau perhiasan yang kerap dipakai sehari-hari dibersihkan? Kalung emas atau cincin perak yang rutin dikenakan juga harus sesekali dibersihkan.

Tak perlu menyambangi toko perhiasan juga untuk membersihkannya. Ada beberapa cara membersihkan perhiasan emas, perak, dan platinum di rumah hingga tampil seperti baru lagi.

1. Gunakan kain katun 100 persen.

Setiap membersihkan pastikan menggunakan kain katun bersih. Pakar perhiasan sebenarnya merekomendasikan kain yang baru setiap membersihkan perhiasan. Tapi, itu pemborosan bukan. Bisa juga gantukan tisu tebal atau paper towel.

2. Jangan gunakan pasta gigi

Banyak orang membersihkan perhiasannya dengan pasta gigi. Hasilnya tapi tidak akan memuaskan. Penggunaan pasta gigi justru bisa menggores logam dan batu mulia dalam perhiasan. Sebab pasta gigi kadang mengandung butiran kecil yang kasar.

3. Membersihkan mutiara dan batu alami

Mutiara dan batu alami sangat sensitif. Metode pembersihan biasa justru bisa merusak. Cara terbaik adalah membersihkannya dengan sikat gigi yang bersikat lembut dan air. Rendam batu dalam air, sikat sebentar, dan tinggalkan untuk mengering alami. Untuk mutiara boleh gunakan sabun yang ringan tapi jangan merendam. Pakai lap basah untuk membersihkan mutiara dan mutiara Anda akan tampil seperti baru.

4. Membersihkan emas dan perak

Perhiasan emas dan perak bisa dibersihkan menggunakan produk standar yang tersedia di toko. Pastikan saja tidak menyikatnya saat membersihkan perhiasan ini. Menyikat bisa meninggalkan goresan. Rendam perhiasan dalam larutan pembersih, keringkan, dan lap.

5. Membersihkan berlian

Meski berlian adalah salah satu elemen terkeras, bukan berarti berlian tidak harus dirawat. Bersihkan dengan mencampur satu perempat cangkir amonia dan satu cangkit air hangat. Rendam berlian dalam campuran selama 20 menit. Lalu gunakan sikat gigi lembut untuk menyikat sisa kotoran.

6. Membersihkan emerald

Sementara emerald karena sifatnya yang lembut tidak bisa dibersihkan menggunakan metode pembersihan berlian. Cukup bersihkan dengan air biasa untuk menghindari retakan.

sumber : amerikanki
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement