Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Hercules C-130 Dilibatkan untuk Padamkan Kebakaran Hutan Riau

Kamis 13 Mar 2014 16:06 WIB

Red: Taufik Rachman

Kebakaran hutan (ilustrasi)

Kebakaran hutan (ilustrasi)

Foto: EPA/Nuno Andre Ferreira

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan satu pesawat Hercules C-130 dijadwalkan akan tiba di Kota Pekanbaru pada Jumat (14/3) untuk membantu pemadaman kebakaran di Provinsi Riau.

"Untuk mengatasi bencana asap di Riau akan dikerahkan pesawat Hercules C-130 untuk modifikasi cuaca," kata Sutopo dalam keterangan pers di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan pesawat Hercules itu akan membantu proses modifikasi cuaca untuk hujan buatan dari BPPT, yang sejauh ini baru menggunakan pesawat Cassa.

Menurut dia upaya serius akan dilakukan untuk mengurangi kepekatan asap yang mengganggu penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Dengan harapan, kepekatan asap akan berkurang dan tidak mengganggu jarak pandang.

"Akan dioperasikan enam unit 'ground based generator' sistem penyemprot air di Bandara SSK II, Pekanbaru untuk mengurangi kepekatan asap," ujarnya.

Menurut dia, dampak pembakaran lahan dan hutan di Riau makin meluas karena asap menyelimuti hampir keseluruhan wilayah di Riau dan Sumatera Barat. Arah angin yang dominan dari timur laut ke barat daya membawa asap menyebabkan asap meluas.

Jarak pandang di Kota Pekanbaru terus merosot dan pada sore sekitar pukul 15.00 WIB hanya mencapai sekitar 200-300 meter. Selama dua hari terakhir aktivitas penerbangan di Bandara Pekanbaru lumpuh.

Ia mengatakan, jumlah titik api dari satelit NOAA18 ada 46 titik dan dari satelit Modis Terra dan Aqua ada 137 titik di Riau pada Kamis (13/3)."Titik api ini lebih rendah dibandingkan dengan data sehari sebelumnya ada 168 titik dari NOAA18 dan 2.046 titik dari Modis," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA