Selasa 11 Mar 2014 12:58 WIB

FISIP UMJ Gelar Lomba Menulis Surat Kepada Wakil Rakyat

 Rapat paripurna dengan agenda penyampaian hasil pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) tahun 2012 di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (11/6).     (Republika/Prayogi)
Rapat paripurna dengan agenda penyampaian hasil pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) tahun 2012 di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (11/6). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) menggelar lomba menulis surat kepada wakil rakyat. 

Lomba ini ditujukan kepada para pemilih pemula yang terbagi atas dua kelompok yaitu siswa SMA/SMK/MA dan mahasiswa Perguruan Tinggi di seluruh Jawa, Bali, dan Madura.

Dekan FISIP UMJ Endang Sulastri mengatakan FISIP UMJ bermaksud menjembatani hubungan antara rakyat dengan wakil rakyat yang akan mewakilinya. "Melalui lomba menulis surat kepada wakil rakyat sebagai suatu bentuk kontrak sosial," kata Endang, Selasa (11/3).

Endang mengatakan lomba tersebut bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum, Kesbangpol Kemendagri, dan Republika Online (ROL). 

Surat-surat hasil lomba akan dibukukan yang berisi aspirasi/harapan dan akan diberikan langsung kepada para wakil rakyat terpilih hasil pemilu 2014. Wakil rakyat diharapkan dapat menjadi penyambung aspirasi rakyat dan memperjuangkan aspirasi tersebut dalam lembaga-lembaga pemerintahan seperti DPR, DPRD maupun pemerintah eksekutif di pusat/daerah. "Dari situlah muncul kontrak politik antara wakil rakyat dengan rakyat yang diwakilinya," ujarnya.

Endang menambahkan, kegiatan lomba ini dibagi dalam tiga tahapan, yaitu penulisan surat oleh peserta lomba dimana peserta dapat mengirimkan karyanya sampai dengan tanggal 17 Maret 2014 yang dikirim ke alamat Panitia Lomba Menulis Surat Kepada Para Wakil Rakyat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) Jl. KH Dahlan, Cirendeu Ciputat (dalam bentuk hard copy) dan diemail ke alamat : [email protected] (dalam bentuk softcopy). 

Tahapan kedua adalah pengumuman pemenang yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2014 dengan mengundang pimpinan partai politik. Tahap ketiga adalah penerbitan buku " Sejuta Asa Bagi Wakil Rakyatku: Harapan dan Aspirasi Politik dari Pemilih Pemula" yang berisi kumpulan surat-surat pemilih pemula terpilih dari setiap dapil. Masing dapil minimal 3 surat terpilih. Buku ini nantinya akan disampaikan kepada para wakil rakyat terpilih saat dilantik tanggal 1 Oktober 2014.

Dewan Juri dari lomba ini adalah Sigit Pamungkas (anggota KPU RI), Prof Adi Fachrudin (Guru Besar Kesejahteraan Sosial FISIP UMJ), dan Ma'mun Murod Al Berbesy (dosen Ilmu Politik FISIP UMJ). 

Bagi pemenang lomba akan diberikan hadiah dalam bentuk uang tunai, piagam penghargaan dan trophy.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement