Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Pengunjuk Rasa Mesir: Tutup Mulutmu, Barack Obama!

Selasa 11 Mar 2014 10:38 WIB

Rep: Gita Amanda / Red: Citra Listya Rini

Barrack Obama

Barrack Obama

Foto: Charles Dharapak/AP

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Sebuah video dari seorang wanita pengunjuk rasa Mesir menarik perhatian banyak pihak di dunia maya. Pasalnya wanita yang dalam video mengenakan kerudung berwarna hijau itu memaki Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.

Wanita tersebut mengatakan di depan kamera, agar Obama berhenti ikut campur dalam urusan Mesir. "Dengar Obama. Kami adalah perempuan Mesir, tutup mulutmu Obama," kata wanita itu dihadapan kamera.

Sejak diunggap pada pekan lalu, video berdurasi 15 detik tersebut telah diakses banyak orang. Bahkan video tersebut dibuat menjadi sebuah lagu remix.

Wanita dalam video tersebut sepertinya mengacu pada memburuknya hubungan Washington dan Kairo sejak penggulingan Muhammad Mursi. Obama telah memotong anggaran bantuan militer untuk Mesir hingga 1,5 miliar dolar.

Ia juga menyerukan dukungannya pada Abdul Fattah al-Sissi. "Sisi Yes. Mursi No!" serunya kembali di dalam video. Sissi selama ini memiliki pendukung yang besar, terutama setelah penggulingan Mursi pada Juli lalu.

Pendukung Sissi melihatnya sebagai pelindung bangsa dari kekuasaan Islam. Sementara pendukung Mursi dan Ikhwanul Muslimin melihat Sissi sebagai sosok pengkhianat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA