Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Dikalahkan Prancis, Sinyal Peringatan Buat De Oranje

Kamis 06 Mar 2014 16:24 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Citra Listya Rini

Pelatih Timnas Belanda, Louis Van Gaal

Pelatih Timnas Belanda, Louis Van Gaal

Foto: AP/Matthias Schrader

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Lewat sebuah tendangan voli Karim Benzema dan tendangan salto Blaise Matuidi mengantarkan Prancis membungkam Belanda 2-0 di laga ujicoba, Kamis (6/3) dini hari WIB.

Dua gol di Stadion Stade de France itu mengakhiri catatan impresif skuat De Oranje di 17 laga terakhirnya sekaligus menjadi peringatan buat tim besutan Louis Van Gaal tersebut.

Kebobolan dua gol di laga ujicoba pertama mereka sebelum berangkat ke Brasil 2014 jelas menjadi catatan buruk buat Belanda. Kekalahan ini pun tercatat sebagai kekalahan pertama Belanda dalam 18 laga terakhir. Terakhir, Belanda kalah dari Belgia 2-4 di laga persahabatan pada 2012 silam. 

Meski mengakui kualitas permainan Prancis, tapi Van Gaal menyesali kegagalan timnya memetik kemenangan. Pada 25 menit pertama, timnya sempat menguasai jalannya laga. Tapi, gol Benzema mengubah segalanya.

''Kami kehilangan alur permainan dan kerap kehilangan bola dengan mudah, terutama di lini tengah,'' kata Van Gaal di Goal. Mantan pelatih Barcelona itu pun berharap timnya bisa memberikan penampilan yang berbeda di putaran final Piala Dunia 2014.

''Skuat yang diturunkan di laga ini memang bukan pemain-pemain yang berpengalaman. Tapi, kami harus menunjukkan permainan yang jauh berbeda di Brasil nanti,'' ujar eks pelatih Bayern Muenchen itu.

Usai menghadapi Prancis, Belanda rencananya masih akan berhadapan dengan Ekuador dan Wales di dua laga ujicoba terakhirnya sebelum berangkat ke Piala Dunia 2014.

Di Brasil 2014, Belanda akan bersaing dengan Spanyol, Cile, dan Australia. Belanda pun bakal menghadapi juara bertahan Piala Dunia, Spanyol, di laga perdana, 13 Juni mendatang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA