Selasa 04 Mar 2014 17:27 WIB

Konsistensi Timnas Oranje Bakal Diuji Prancis

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Citra Listya Rini
Louis van Gaal
Foto: EPA/Jerry Lampen
Louis van Gaal

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Berbeda dengan Prancis yang memastikan langkah ke putaran final Piala Dunia 2014 lewat babak play off, Belanda melenggang mulus ke Brasil 2014 sebagai juara grup A babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa.

Torehan tidak pernah kalah dalam 17 laga terakhir mereka jelas menjadi keuntungan buat Arjen Robben dan kawan-kawan jelang lawatan mereka ke Stadion Stade de France, dalam laga persahabatan kontra Prancis, Kamis (6/3) dini hari WIB.

Kekalahan 4-2 dari Belgia dalam laga persabahatan, Agustus 2012 silam, menjadi kekalahan terakhir Belanda di ajang internasional. Namun, sejak saat itu, Belanda tampil sebagai salah satu tim paling menjanjikan bisa berprestasi bagus di Brasil 2014.

Hanya mengemas satu hasil imbang dari 10 laga di babak kualifikasi, Belanda lolos ke Brasil 2014 sebagai juara grup A. Catatan tidak pernah kalah tentu bakal mendongkrak kepercayaan diri timnas Belanda jelang berlaga di partadi perdana di Brasil 2014, kontra Spanyol, 13 Juni mendatang.

Melakoni laga perdana pada 2014, pelatih Belanda, Louis Van Gaal, pun telah memanggil beberapa nama baru di skuat  timnas Belanda. Tiga nama debutan itu antara lain, Jean-Paul Boetius dari Feyenoord, Davy Klaassen yang memperkuat Ajax Amsterdam, dan penyerang FC Twente, Quincy Promes.

Van Gaal pun menambahkan laga kontra Prancis ini bakal menjadi tolak ukur dalam menyaring 23 pemain yang bakal menghuni skuat Belanda di Brasil 2014. ''Kami mengikuti hampir 50 pemain, dan semuanya masih memiliki peluang untuk bisa berangkat ke Brasil,'' kata mantan pelatih Barcelona tersebut seperti dikutip Sports Fan.

Selain memanggil sejumlah nama baru, Van Gaal juga bakal tetap mengandalkan muka lama. Di Brasil 2014 nanti, eks pelatih Bayern Muenchen itu agaknya bakal mengkombinasikan deretan pemain muda Belanda dengan sederetan pemain berpengalaman, seperti Arjen Robben, Robin van Persie, dan Wesley Sneijder. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement