Ahad 02 Mar 2014 15:00 WIB

Gaya dengan Kreasi Sarung

Rep: Desy Susilawati, Meiliani Fauziah/ Red: Indira Rezkisari
Kain sarung Donggala
Foto: Yasin Habibi/Republika
Kain sarung Donggala

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk tampil gaya dan modis tidak melulu harus menggunakan barang-barang bermerek luar negeri. Tampil gaya dengan sarung pun bisa, lho.

Direktur Indonesia Fashion Week (IFW) Dina Midiani pun membagi tips tampil gaya dengan kain tradisional yang satu itu.

Bagaimana caranya untuk memodifikasi sarung menjadi keren? “Tinggal pintar-pintar kita mengekspresikan diri saja sesuai dengan gaya kita sendiri, tidak perlu neko-neko,” ujarnya.

Sarung bisa beralih fungsi menjadi bawahan dalam berbusana. Selain itu, sarung bisa juga dijadikan atasan bahkan gaun. Tinggal ikat sana sini. Jadilah tampilan sarung yang modis. Penting diingat, lanjut Dina, kita harus bisa memadupadankannya.

Misalnya, menggunakan sarung motif kotak-kotak berwarna oranye. Bisa dijadikan rok. Lalu, padankan dengan atasan kaus lengan panjang berwarna hitam. Tambahkan sentuhan syal berwarna senada dengan sarung. Tampilan pun terlihat berbeda.

Bisa pula sarung dipadupadankan dengan jaket, blazer, kaus ataupun yang lainnya. “Yang penting kita percaya diri memakainya,” ujar Dina.

Mengambil sarung sebagai aksen di atas celana atau meletakkannya sebagai pemanis blus bisa pula menjadi sebagian ide tentang inovasi sarung. Bicara sarung, seperti kain tradisional lainnya, pemanfaatannya sebagai produk mode sesungguhnya tidak berbatas.

Bangsa ini memiliki kain sarung dari berbagai daerah. Corak sarungnya juga sangat khas, dipengaruhi budaya lokal. Palembang, Jambi, dan Padang adalah contoh daerah yang memiliki kekayaan ini.

Kreasi dengan sarung juga tidak hanya mengambil sarung dengan motif tradisional. Busana siap pakai sampai karya adibusana bisa lahir dengan menggunakan kain sarung biasa, dengan garis dan motif kotak-kotak nya. Busana yang menarik bisa lahir dengan kombinasi sarung dan bahan lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement