Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Segarnya Es Kopi 'Rojali' One Fifteenth Coffee

Selasa 25 Feb 2014 16:30 WIB

Red: Indira Rezkisari

Rojali alias Rock Java Lime

Rojali alias Rock Java Lime

Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Es kopi. Minuman yang satu ini banyak dicari untuk menemani saat bekerja. Atau ketika sedang bersantai. Di kedai kopi One Fifteenth Coffee ada yang unik dari segelas kopi dengan es batu yang tersaji dalam menu.

Di dalam gelas isi es kopi terdapat pula irisan jeruk nipis. Namanya, Rock Java Lime. Singkatannya Rojali.

Rojali, terang Doddy Samsura barista di One Fifteenth Coffee, merupakan minuman khas One Fifteenth Coffee. “Ini signature drink kita,” ucapnya. Rojali diracik dengan menggunakan metode cold brew coffee yang masuk kategori manual brew.

Cold brew coffee membutuhkan proses yang lebih panjang. “Prosesnya sekitar 12 jam,” kata Doddy. Cold brew didapat dari bubuk kopi yang diletakkan dalam wadah khusus dengan es batu. Tetesan kopi yang didapat lalu ditampung dan disimpan dalam lemari es.

Jangan samakan Rojali dengan es kopi biasa. Es kopi biasanya dibuat dari bubuk kopi yang diseduh dengan air panas lalu didinginkan dengan es batu. Bubuk kopi dalam metode cold brew tidak pernah bertemu air panas.

Mencicipi Rojali pun menjadi keharusan di One FifteenthCoffee. “Rasanya lucu,” ujar Doddy ketika menerangkan Rojali. Dan, benar, Rojali sungguh unik.

Rojali diracik dengan menggunakan sedikit air soda dan perasan jeruk. Kombinasi kopi, soda, dan aroma jeruk nipis ternyata di luar dugaan. Nikmat. Satu gelas Rojali mungkin tidak cukup.

Kopi yang biasanya tajam tidak terasa dalam segelas Rojali. Manis dari soda memberi sensasi liquor ke minuman ini. Doddy juga memastikan, minuman ini 100 persen halal.

Seperti kedai kopi lainnya, sajian utama One Fifteenth Coffee tentulah espresso. Espresso bisa dinikmati secara single atau double dengan tambahan susu serta rasa, seperti cokelat, hazelnut, atau vanila.

Lembaran menu terpajang hanya di atas bar kopi. Pengunjung hanya bisa memesan dengan menyambangi bar. “Kami mau ada interaksi dengan pelanggan,” kata Doddy. Ada dialog yang diharapkan tercipta di bar.

Kopi yang tersaji tidak ada yang ditambahkan gula. Pemanis memang tidak dibutuhkan. Biji kopi berkualitas akan menghasilkan secangkir kopi yang nikmat apa adanya.

Kedai kopi yang letaknya berseberangan dengan RM Ujung Pandang ini buka mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB. Di akhir pekan One Fifteenth Coffee buka lebih pagi, mulai pukul 09.00.

Lokasi pasti One Fifteenth Coffee adalah di Jalan Gandaria I/63, Jakarta Selatan. Sedangkan nomor kontaknya (021) 7225678.

Yuk, mampir dulu dan mencicipi Rojali ketimbang bertemu macet jalanan pulang kantor.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA