Ahad 23 Feb 2014 11:31 WIB

Kapan, Ya, Lemari Pakaian Perlu Dirapikan?

Gantungan baju bisa menghemat ruangan dalam lemari.
Foto: Prayogi/Republika
Gantungan baju bisa menghemat ruangan dalam lemari.

REPUBLIKA.CO.ID, Selalu ada masa dalam kehidupan perempuan, dan pria, ketika lemari pakaiannya sudah penuh. Membersihkan isi lemari namun tak pernah mudah dilakukan. Selain rasa malas, satu lagi perasaan kerap hinggap. Yaitu kebingungan apa yang harus disingkirkan dan disimpan dalam lemari yang  telah kepenuhan.

Masalah di lemari Anda bisa berupa sudah memiliki terlalu banyak sepatu, hingga pakaian yang kusut karena terimpit diantara pakaian-pakaian lainnya. Ketika hal-hal tersebut sudah terjadi, maka perbaikan pun harus segera dilakukan.

Saat sepatu di rumah sudah jauh lebih banyak dari daftar kontak di telepon genggam, saatnya berpikir ulang. Berikan sepatu-sepatu yang tergolong tidak mahal, atau sepatu yang tahun lalu sangat tren dan kini sudah tak ada lagi yang memakainya. Singkirkan pula sepatu yang kondisinya sudah rusak parah. Sepatu-sepatu itu dijamin akan memenuhi ruangan.

Bagaimana bila pakaian di lemari sudah tidak muat lagi dimasukkan ke lemari? Bila lemari di rumah kecil, mungkin ini saatnya untuk membeli lemari baru. Tetapi, bila lemari di rumah ukurannya sudah cukup besar, saatnya untuk memikirkan mana pakaian yang bisa diberikan ke orang lain.

Lemari yang terlampau penuh membuat pakaian kusut ketika ditarik dari lemari. Selain membersihkan lemari yang sudah padat, coba berinvestasi pada membeli gantungan baju. Menggantung baju di lemari terkadang bisa menghemat penggunaan ruangan hingga 25 persen.

Lalu, apa yang terjadi ketika menemukan baju yang terakhir dipakai dua tahun lagi. Tapi masih berencana untuk digunakan lagi. Hmm... Saatnya untuk menghadapi kenyataan. Bila pakaian sudah teronggok terlalu lama, tandanya pakaian itu tidak akan pernah terpakai lagi. Saatnya melupakan baju tersebut dan memberikannya ke orang lain.

Dan, ketika pakaian yang ingin dikenakan tak berhasil ditemukan setelah mencari lebih dari 20 menit. Itu mungkin terjadi karena lemari yang tidak terorganisir dengan baik. Coba tata pakaian berdasarkan kategori, atasan, gaun, jaket, celana, untuk mempermudah pencarian.

sumber : what to wear
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement