Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Riedl : Pengalaman Tidak Bisa Dibeli

Kamis 13 Feb 2014 17:06 WIB

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Joko Sadewo

Alfred Riedl

Alfred Riedl

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional sepak bola senior Indonesia, Alfred Riedl, mengungkapkan alasan terkait keputusannya memanggil para pemain lawas. Pengalaman bertanding menjadi alasan utamanya.

Dari 30 nama yang diumumkan pada Selasa (11/2) siang, Riedl memanggil Cristian Gonzales yang sudah berusia 37 tahun, Hamka Hamzah (30 tahun), Muhammad Ridwan (33), dan Firman Utina (32). Mereka masuk dalam daftar 23 pemain yang akan diboyong ke Arab Saudi untuk melakoni laga terakhir kualifikasi Piala Asia pada 5 Maret.

Riedl mengatakan kehadiran mereka sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan tim. Dengan segudang pengalaman bertanding yang dimiliki para pemain tersebut, ia yakin timnas mampu berbicara lebih banyak. "Pengalaman tidak bisa dibeli," kata Riedl melalui surat elektronik kepada wartawan.

Gonzales, M Ridwan, Firman Utina, dan Hamka Hamzah memang menjadi pemain andalan Riedl saat memimpin timnas pada Piala AFF 2010. Gonzales dan M Ridwan sama-sama menjadi pencetak gol terbanyak kedua dengan torehan tiga gol. Mereka hanya kalah dua gol dari stiker timnas Malaysia Safee Sali.

Sedangkan Firman Utina memiliki peran penting sebagai pengatur serangan. Pemain yang kini membela Persib Bandung itu bahkan terpilih sebagai pemain terbaik Piala AFF 2010. Sayang, Indonesia gagal menjadi juara karena kalah oleh Malaysia di partai final dengan agregat 1-5.

Riedl mengatakan akan terus melakukan bongkar pasang pemain. Komposisi yang telah ditetapkannya itu hanya untuk melakoni partai tandang di Arab Saudi.

Juru taktik asal Austria itu merasa perlu untuk  terus mencari komposisi terbaik karena target utamanya adalah menebus utang juara pada Piala AFF 2014 yang akan digelar mulai 22 November di Singapura dan Vietnam.

"Akan ada perubahan-perubahan komposisi pemain sepanjang tahun ini. Kami harus mempersiapkan segalanya dengan baik untuk berlaga di Piala AFF 2014," Riedl menambahkan.

Karena itu, Riedl menegaskan pintu timnas akan selalu terbuka untuk pemain lainnya, termasuk para pemain muda. Buktinya, kali ini Riedl memberikan promosi kepada sejumlah pemain muda seperti Alfin Tuassalamony, Irsyad Maulana dan Manahati Lestusen. "Saya melihat masih banyak talenta-talenta muda lainnya yang patut diberikan kesempatan," tutur dia.




Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA