Selasa 11 Feb 2014 14:09 WIB

Rektor Undip: KKN Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa

Universitas Diponegoro (Undip)
Foto: undip.ac.id
Universitas Diponegoro (Undip)

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof Sudharto P. Hadi mengatakan, program kuliah kerja nyata untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa.

"Melalui program KKN ini, ketika mahasiswa lulus tidak hanya cerdas tetapi juga mempunyai kepedulian, bisa menghargai orang lain, karena di lapangan tidak bisa permasalahan diselesaikan oleh satu disiplin, tetapi secara multidisiplin," kata Prof Sudharto P. Hadi di Temanggung, Selasa.

Dia mengatakan hal tersebut usai menghadiri Pameran Temanggung Raya yang diselenggarakan mahasiswa Undip yang sedang melaksanakan KKN di Kabupaten Temanggung.

Pameran Temanggung Raya digelar di kompleks Pendopo Pengayoman Temanggung dengan menampilkan berbagai produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Temanggung.

Sudharto mengatakan, diharapkan program-program yang dilaksanakan mahasiswa KKN ini bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Ia mengatakan, UMKM bisa dilihat dari berbagai multidisiplin, antara lain ada pemasaran, manajemen, dan produk. Mahasiswa akan berperan di bidang-bidang tersebut.

"Bagi para pengusaha UMKM, kehadiran para mahasiswa itu justru mengakselerasi usaha mereka menjadi lebih dikenal, pemasarannya lebih bagus, produk menjadi lebih sehat," katanya.

Pada KKN 2014 di Temanggung, Undip menerjunkan sebanyak 790 mahasiswa ditempatkan di lima kecamatan, yakni Kaloran, Kranggan, Kandangan, Pringsurat, dan Gemawang.

Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi menyambut baik kegiatan mahasiswa KKN Undip menyelenggarakan pameran yang menampilkan produk UMKM.

Dia berharap, ke depan bukan hanya di lima wilayah kecamatan yang digunakan untuk program KKN tetapi bisa dilaksanakan di 20 kecamatan di Temanggung, karena KKN ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement