Ahad 09 Feb 2014 15:41 WIB

PPP Bantah Anggapan Parpol Islam Tak Nasionalis

Suryadharma Ali
Foto: Republika/Yasin Habibi
Suryadharma Ali

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali membantah anggapan kalau parpol Islam tidak nasionalis.

"Kalau ada yang bilang parpol nasional tidak religus dan parpol Islam tidak nasional. Itu pandangan salah," kata Suryadharma di Bandung, Ahad (9/2).

Ia menuturkan, bukti parpol Islam juga nasional adalah banyaknya kontribusi tokoh atau ulama Islam pada bangsa Indonesia ini.

"Pertama di bidang pendidikan, luar biasa. Pendidikan dari ulama Islam adalah mendirikan pondok pesantren, madrasah, masjid, yang saat itu tidak tergantung pada keuangan pemerintah," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, semangat iedealisme dan cita-cita ulama saat merebut kemerdakaan bangsa ini dari kaum penjajahan juga sangat besar.

"Antara lain dalam merebut kemerdekaan. Peran mereka tidak terbantahkan, dengan kekuatan agama kemudian diejawantahkan di dalam ucapan yang dapat menggugah jiwa raga, yakni Allahu Akbar. Dengan kata itu panah ketapel bisa berhadapan dengan meriam," kata dia.

Karenanya, kata dia, pada pemilu 2014 PPP ingin menepis anggapan bahwa parpol Islam tidak nasional. "Sekarang kami juga mendapatkan tantang besar, karena stigma tersebut. Karena itu dikotomi nasional-religius itu harus dihilangkan," kata dia.

Menurut Suryadharma, Islam juga mengajarkan pengikutnya untuk menjadi orang kaya, bermoral, taat kepada aturan, membangun pendidikan, dan hidup sehat.

"Para kiai mengatakan bahwa Islam mengajarakan itu semua mereka bicara prularisme. Islam juga berbicara tentang demokrasi kebebasan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement