Rabu 05 Feb 2014 19:40 WIB

Kepemimpinan Ala Main Angklung Anies Baswedan

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Joko Sadewo
anies baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Peserta Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat Anies Baswedan mempunyai konsep kepemimpinan tersendiri. Ia mengatakan, kepemimpinan itu seperti layaknya bermain alat musik angklung.

"Kepemimpinan saya dorong ala bermain angklung," ujar Anies dalam agenda Debat Bernegara Konvensi Capres Partai Demokrat di Hotel Harris, Bandung, Rabu (5/2). Menurut dia, bermain angklung mempunyai pendekatan yang luar biasa untuk menggambarkan konsep kepemimpinan.

Anies mengatakan, pemain angklung mempunyai kesempatan untuk membawakan satu nada. Kemudian pemimpinnya memberikan arahan. Dari situ, menurut dia, kemudian terjadi harmoni. "Dan semua bergerak untuk membuat harmoni yang indah," ujar Rektor Universitas Paramadina itu.

Pemimpin itu, menurut dia, bukan hanya untuk disaksikan di panggung dan bermain sendiri. Akan tetapi, pemimpin itu harus bisa memberikan inspirasi dan membuka kesempatan bergerak secara sama-sama pada yang dipimpinnya.

Menurut dia, gerakan bersama ini yang bisa membantu melunasi janji bangsa. "Pemimpin itu harus menjadi teladan, mempunyai kompetensi, diakui , dipercaya, dan membuat kita bergerak bersama-sama," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement