Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sultan: Air Kawasan Merapi Tak Cukupi Kebutuhan

Rabu 29 Jan 2014 11:39 WIB

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Dewi Mardiani

Gunung Merapi

Gunung Merapi

Foto: Antara/Sigid Kurniawan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Saat ini sumber air yang ada di Kawasan Merapi sudah tidak mencukupi lagi untuk kebutuhan masyarakat Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta. Karena itu harus mencari alternatif lain diantaranya dari Sungai Progo, Bogowonto dan Oyo. Hal itu dikemukakan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan Yogyakarta, kemarin.

Hal itu diakui Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral DIY, Rani Sjamsinarsi, Rabu (29/1).  Menurut dia, sekarang sumber air baku tidak mungkin semua dari air tanah. Untuk itu akan dicarikan sumber air baku dari Sungai Progo, Bogowonto, dan Oyo. Namun untuk pengadaannya memerlukan investasi besar dan kalau kabupaten/kota yang menyediakan tidak mampu.

Untuk itu perlu ada kerja sama antara Pemerintah Pusat, Pemda DIY dan kabupaten/kota agar masyarakat bisa mendapatkan air yang layak. Pemerintah Pusat, Pemda DIY, dan kabupaten/kota sudah setuju mengenai hal itu.

Sehubungan dengan hal itu dalam waktu dekat akan dilakukan MoU antara Pusat, Pemda DIY dan kabupaten/kota agar ketersediaan air bersih atau air layak bagi masyarakat di DIY sampai 2030 masih tercukupi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA