Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Bandara Riyadh Mulai Pekerjakan Petugas Bea Cukai Perempuan

Rabu 29 Jan 2014 07:58 WIB

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Citra Listya Rini

Bandara Internasional Riyadh

Bandara Internasional Riyadh

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Bandara Internasional King Khaled di Riyadh, Arab Saudi mulai mempekerjakan petugas bea cukai perempuan untuk memeriksa tas penumpang perempuan. Langkah ini merupakan yang pertama kali di Saudi.

Seperti dilansir Arab News, Rabu (29/1), Kepala Bagian Penumpang dan Bea Cukai bandara Fahad Al-Dayel mengatakan nantinya petugas perempuan akan ditempatkan di semua pintu masuk di Arab Saudi. Departemennya saat ini melatih 16 petugas perempuan.

Tujuan perekrutan petugas perempuan ini juga untuk mempercepat mobilitas penumpang di bagian bea cukai. Sebanyak delapan pegawai bea cukai perempuan berpengalaman memberi pelatihan.

Pengawas bea cukai di pintu masuk Al-Durra, Anwar Al-Sarhani mengatakan perempuan memainkan peranan penting agar departemennya berjalan efektif.

Departemennya memiliki tempat tersendiri sehingga petugas perempuan bisa berbicara pada penumpang perempuan, bertanya hal pribadi dan memeriksa barang pribadi mereka.

Dia berharap petugas bea cukai perempuan juga bisa memerangi penyelundupan. Para penyelundup kerap menggunakan perempuan untuk menyelundupkan barang ilegal. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA