Selasa 28 Jan 2014 15:40 WIB
Juara Lomba

Wartawan Republika Juara 1 Lomba Tulis Kearsipan

Endro Yuwanto
Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wartawan Harian Republika memenangi Juara 1 Pemberitaan Terbaik Apresiasi Kearsipan Bagi Wartawan ANRI Tahun 2013 yang digelar Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penyerahan hadiah diberikan Selasa (28/1) di kantor ANRI, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. 

Tulisan berjudul "Untuk Warisan Dunia" karya wartawan Harian Republika, Endro Yuwanto, menjadi juara pertama dalam lomba tersebut. Juara II dimenangi Dinis Ginting dari TVRI berjudul Arsip KAA dan GNB Diusulkan Jadi Memory of The World.

Juara III diraih Eko Sutriyanto dari www.tribunnews.com dengan judul Arsip KAA dan Gerakan Nonblok Berpeluang jadi Warisan Dunia. Panitia juga memberikan juara favorit yang diraih Dwi Putro AA dari Suara Karya dengan karya jurnalistik berjudul Kedigdayaan Indonesia, Arsip KAA dan GNB dari ANRI Bakal Menjadi Memory of The World.

Dewan juri terdiri Kepala Biro Perencanaan ANRI, Multi Siswati, Direktur Pengolahan ANRI Azmi dan Direktur Preservasi ANRI Imam Gunarto.

Naskah tersebut dinilai dari 29 berita baik hard news/straight news, feature, maupun in depth reporting yang terdiri dari 18 pemberitaan pada media online, tujuh pemberitaan pada media cetak dan empat pemberitaan pada media elektronik.

Kepala Arsip Nasional Reoublik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan, mengatakan pentingnya memberikan wawasan kepada masyarakat agar sadar menjaga dan melindungi arsip. Sebab, banyak catatan sejarah yang hilang karena tidak didata atau disusun dalam arsip penting.

Arsip nasional, kata dia, harus dijadikan pelajaran sejarah bagi generasi muda sebagai penerus bangsa. Kekayaan yang nilainya tak terhingga ini juga harus disiarkan secara internasional agar bangsa lain mengetahui kejayaan Indonesia sebagai bangsa yang besar. n ed: zaky al hamzah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement