Selasa 28 Jan 2014 09:02 WIB

Usia Pas Membentuk Tubuh Berotot

Bentuk tubuh berotot/ilustrasi
Foto: gccaz.edu
Bentuk tubuh berotot/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Membentuk tubuh agar berisi dan berotot sebaiknya dilakukan pria selepas berusia 18 tahun. Dr Laila Hayati, M Gizi, SpGK, spesialis gizi, mengatakan hingga usia 18 tahun, tubuh masih mengalami masa pertumbuhan. Ia khawatir dengan membentuk tubuh sejak usia dini, akan berpengaruh pada postur tubuh, terutama tinggi badan. 

Melakukan olah raga berat, seperti angkat beban, dapat berpengaruh pada tinggi badan. "Tanpa angkat itu pun sebenarnya kita ditekan oleh gravitasi. Walau pun kecil banget hanya beberapa milimeter. Kalau ditambah angkat beban juga, nanti ruas tulang terpengaruh," katanya saat ditemui di diskusi tentang gizi pada anak.

Ia melihat sekarang ini banyak remaja usia 16-17 tahun sudah membentuk tubuhnya. Hal itu, menurutnya, dipicu oleh idola mereka yang bertubuh bagus, maupun kontes kebugaran. Yang membahayakan adalah bila remaja itu mulai mengonsumsi suplemen berprotein tinggi tanpa pengawasan. Bila dibiarkan, dampaknya bisa berakibat pada penyakit ginjal. "Dengan olahraga teratur pembentukan otot bisa terjadi. Kalau mau sabar."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement