Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Penghargaan Film

Gemerlap Oscar

Rabu 22 Jan 2014 05:40 WIB

Red: Zaky Al Hamzah

Piala Oscar

Piala Oscar

Foto: Amy Sancetta/AP

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Setyanavidita Livikacansera

Riuhnya musim penghargaan, gelaran Academy Awards atau Oscar layaknya puncak yang paling dinanti para insan perfilman dunia. Dibandingkan dengan ajang penghargaan lainnya, Oscar memang hadir memiliki gengsi tersendiri.

Tahun ini, Oscar akan digelar lebih lama daripada tahun-tahun sebelumnya. Apabila biasanya digelar pertengahan Februari, tahun ini Oscar akan dihelat Ahad, 2 Maret, di Dolby Theatre, New York.

Pada Kamis, 16 Januari, nama-nama calon peraih Oscar pun secara resmi diumumkan. Film “American Hustle” dan “Gravity” berhasil mencuri perhatian dengan masuk 10 kategori nominasi Oscar 2014. Di belakang kedua film tersebut, ada “12 Years a Slave” yang berhasil menorehkan sembilan nominasi.

Kejutan lainnya datang dari “Nebraska”, film hitam putih yang mendapat enam nominasi. Selain itu, ada pula “Dallas Buyers Club” dan “Captain Phillips” yang juga mendapatkan enam nominasi.

Tahun ini, nama Ellen Degeneres akan kembali didapuk menjadi pembawa acara Oscar. Sebelumnya, Ellen menjadi host di perhelatan Oscar pada 2007 lalu.

Ribuan juri

Gengsi Oscar sebagai penghargaan tertinggi di industri sinema dunia tak lepas dari cara pemilihan nominasi dan jawaranya. Oscar dimotori oleh The Academy of Motion Picture Arts and Sciences sebagai organisasi film paling berpengaruh di dunia.

Dengan jumlah anggota sebanyak 6.000 orang, organisasi ini melingkupi produser, pemain film, pengamat, dan masih banyak lagi orang yang terlibat dalam industri sinema dunia.

Dikutip dari The Week.com, hingga saat ini sistem pengambilan suara masih sama seperti tahun 1936. Pada tahap pertama, para anggota Academy memilih calon dalam bidangnya masing-masing.

Misalnya, para sutradara memiliki suara untuk memilih Sutradara Terbaik. Begitu juga dengan aktor, aktris, dan animator. Tiap-tiap pemilih lalu menentukan lima nama yang dibuat berdasarkan urutan satu sampai lima.

Khusus untuk Film Terbaik, semua orang boleh memilih dan menyampaikan suaranya. Dari semua pilihan yang masuk, perusahaan audit Pricewaterhouse Coopers kemudian membuat tabulasi dan lima nominator di setiap kategori atau sembilan nominator khusus Film Terbaik.

Setelah nominasi terpilih, pilihan dikembalikan kepada ribuan juri untuk memilih berdasarkan katagori. Nominasi dengan suara terbanyaklah yang akan membawa pulang patung bersepuh emas berbentuk laki-laki yang dikenal juga sebagai The Little Man.

Daftar Nominasi

Film Terbaik

“12 Years a Slave”
“American Hustle”
“Captain Phillips”
“Dallas Buyers Club”
“Gravity”
“Her”
“Nebraska”
“Philomena”
“ The Wolf of Wall Street”

Sutradara Terbaik

Alfonso Cuarn, “Gravity”
Steve McQueen “12 Years a Slave”
Alexander Payne “Nebraska”
David O Russell “American Hustle”
Martin Scorsese “The Wolf of Wall Street”

Aktor Terbaik

Christian Bale “American Hustle”
Bruce Dern “Nebraska”
Chiwetel Ejiofor “12 Years a Slave”
Matthew McConaughey “Dallas Buyers Club”
Leonardo DiCaprio “The Wolf of Wall Street”

Aktris Terbaik

Amy Adams “American Hustle”
Cate Blanchett “Blue Jasmine”
Judi Dench “Philomena”
Meryl Streep “August: Osage County”
Sandra Bullock “Gravity”

Animasi Terbaik

“The Croods”
“Despicable Me 2”
“Ernest & Celestine”
“Frozen”
“The Wind Rises”

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA