Selasa 21 Jan 2014 09:02 WIB

Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Ibu hamil (ilustrasi)
Foto: PA
Ibu hamil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pemenuhan nutrisi selama masa hamil penting untuk kesehatan ibu, pertumbuhan dan perkembangan janin, serta kesehatan individu dalam jangka waktu lama. Untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan dan setelah kehamilan bisa dikatakan tidak mudah karena tidak ada indikator tunggal pengaruh gizi ibu hamil setelah masa kehamilan, tapi terdapat pengaruh majemuk dari berbagai macam zat gizi dan paparan zat gizi lainnya.

''Dari sisi sang ibu, nutrisi kehamilan yang baik dapat memperbesar keberhasilan menyusui, mengurangi risiko komplikasi, dan memperkecil risiko bayi terlahir prematur,'' ungkap dr Judi Januadi Endjun SpOG(K) dari RSPAD Gatot Subroto. Dia menambahkan, nutrisi yang baik juga dapat memperkecil risiko sakit dan kematian ibu serta mengurangi risiko berkurangnya cadangan gizi ibu.

Sedangkan dari sisi anak, nutrisi yang baik juga memberikan banyak manfaat. Antara lain, memperkecil risiko cacat dan kematian pada bayi, memberikan daya tahan tubuh yang baik pada anak, memperkecil risiko terhambatnya perkembangan janin, dan berpengaruh pula pada tumbuh kembang anak yang normal.

''Nutrisi yang tepat seimbang sangat baik untuk kehamilan yang sehat. Selama kehamilan sebaiknya konsumsilah nutrisi seperti folat, kalsium, vitamin D, iodine, gangliosida, DHA, zat besi, dan vitamin B12 secara adekuat,'' papar dokter lulusan FKUI ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement