Jumat 17 Jan 2014 12:17 WIB

Ini Alasan Merokok Berbahaya untuk Janin Anda

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dewi Mardiani
Asap rokok
Asap rokok

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Semua orang tahu bahwa merokok itu buruk bagi kesehatan Anda. Nikotin adalah zat kimia adiktif yang menyebabkan sejumlah kondisi kesehatan yang serius. Sementara sebagian besar ibu hamil masih ada yang suka merokok dan tak bisa melawan kecanduannya.

Tahukah Anda asap rokok itu mengandung 4.000 bahan kimia yang 60 persennya telah diidentifikasi sebagai karsinogen alias penyebab kanker? Selain senyawa kanker, asap rokok juga mengandung bahan kimia seperti timbal, karbon monoksida, dan sianida.

Dilansir dari Symptomfind, Jumat (17/1), baik nikotin dan karbon monoksida sebetulnya tidak berbahaya. Namun, ketika dua senyawa ini digabungkan dalam bentuk rokok, mereka akan menjadi senyawa berbahaya. Kedua senyawa beracun ini menjadi penyebab utama komplikasi yang berhubungan dengan merokok selama masa kehamilan.

Nikotin akan diangkut oleh aliran darah dalam tubuh Anda ke janin yang Anda kandung. Bukannya dikelilingi oleh oksigen untuk bernapas, bayi berjuang untuk hidup dengan nikotin di dalam rahim Anda. partikel karbon monoksida dijemput oleh sel-sel darah merah yang bertanggung jawab mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Setiap bit dari karbon monoksida itu menyerap oksigen yang seharusnya dikirimkan ke bayi Anda.

Janin Anda akan tumbuh dengan pernapasan yang sulit sebab kurangnya pasokan oksigen yang diterima mereka di rahim ibunya. Tak heran jika bayi yang dilahirkan dari ibu yang suka merokok akan mendapati masalah paru-paru dan jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement