Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

BigBang Review 2013: Karier Solo dan Grup yang Gemilang (1)

Selasa 14 Jan 2014 19:56 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad

BigBang Review (1), BigBang sukses sebagai grup dan solo karier

BigBang Review (1), BigBang sukses sebagai grup dan solo karier

Foto: Wikia

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pada 2013 merupakan tahun di mana masing-masing anggota grup musik Korea Selatan BigBang menikmati sorotan media melalui proyek-proyek solo mereka.

Beberapa penonton berspekulasi YG Entertainment mendorong proyek solo dari G Dragon, TOP, Taeyang, Daesung, dan Seungri sebab rata-rata anggota tersebut sudah memasuki usia wajib militer.

Secara individual, BigBang berhasil mencapai langka besar pada 2013 dan mampu menangkap perhatian pemirsa di seluruh dunia dan selebriti lainnya. Sementara 2012, dalam formasi grup, BigBang telah membuat comeback besar dengan tur dunianya.

Pada 2013, masing-masing anggota BigBang telah berkembang menjadi selebriti internasional. G Dragon, sang pemimpin (leader) misalnya, dia telah menjadi ikon gaya nan cemerlang sebagai komposer musik, Seungri mampu melawan sindrom maknae dan menjadi salah satu artis Korea tersukses di Jepang.

Daesung menetapkan dirinya adalah yang paling matang untuk memiliki karier berkelanjutan, sedangkan Taeyang merebut hati penggemar, hingga penyanyi Rihanna lewat lagu solo terbarunya 'Ringa Linga.'

TOP mampu membuktikan bahwa dia bisa mengikuti jejak Bi Rain untuk menjadi bintang film aksi internasional yang secara kebetulan juga memiliki prestasi musik yang besar di Korea.

Pada 27 Januari 2013, BigBang menutup tur dunianya 2012 bertajuk 'BigBang Alive Galaxy Tour' di Olympic Gymnastics Stadium, Seoul. Tur ini mencakup 48 pertunjukan di Malaysia, Indonesia, Singapura, Amerika Serikat, Peru, dan Inggris. Konser ini mengukuhkan BigBang sebagai bintang hallyu sejati.

Pada 2 Juni 2013, G Dragon juga menggelar tur dunia perdananya di Nagoya, Jepang. Prestasi internasionalnya sudah menjadi buah bibir utama di kalangan pecinta musik dunia, sehingga review akhir tahun tentang dirinya rasanya sudah diketahui publik.

Apalagi, setelah GD berhasil duet bersama Ratu Rapper Dunia Missy Elliot. Ini membuktikan BigBang merupakan satu kelompok K-pop terbaik, secara individu juga grup.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA