Senin 06 Jan 2014 16:34 WIB

Bau Badan Tak Sedap Bisa Timbulkan Rasa Kasihan

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Dewi Mardiani
Ilustrasi bau badan
Ilustrasi bau badan

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSEL -- Sebuah riset terbaru menunjukkan bau badan tidak sedap terkait dengan sifat rentan yang memunculkan sikap peduli terhadap orang lain. Artinya banyak orang cenderung meningkatkan tingkat kerja samanya ketika berhubungan dengan seseorang yang memiliki bau badan tidak sedap karena merasa kasihan.

Seperti dilansir Daily Mail, Desember lalu, para peneliti dari Universitas KU Leuven di Belgia mengatakan bau-bauan hadir dalam kehidupan manusia sehari-hari. Penggunaan parfum atau minyak wangi di lingkungan kerja menggambarkan manusia peduli dengan bau-bauan.

"Meski bau badan tidak sedap telah lama dianggap memberikan penilaian negatif, kami justru menemukan bau badan tidak sedap menimbulkan perasaan kasihan dan perilaku prososial terhadap orang lain," kata peneliti utama Jeroen Camps.

Bau badan tidak sedap itu bisa berasal dari keringat di ketiak, bau kaki, napas tidak sedap atau bau-bauan tidak sedap lainnya. Penelitian ini diterbitkan online dalam Journal of Applied Social Psychology.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement