Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Pasien RSJ Suharto Heerdjan Didominasi Kaum Pria

Rabu 25 Dec 2013 09:07 WIB

Rep: C57/ Red: Yudha Manggala P Putra

Suasana di Rumah Sakit Jiwa

Suasana di Rumah Sakit Jiwa

REPUBLIKA.CO.ID, GROGOL PETAMBURAN – Pasien yang menjalani rawat inap di di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr Soeharto Heerdjan, Grogol Petamburan, Jakarta Selatan didominasi kaum pria. Jumlahnya tiga kali lipat lebih banyak daripada perempuan.

Di papan pengumuman resmi yang terpampang di depan pintu masuk ruang rawat inap RSJ ini, menunjukkan jumlah pasien rawat inap pria dan wanita secara rinci. Pasien pria berjumlah 153 orang, sedangkan pasien wanita berjumlah 51 orang.

Pasien pria dirawat inap di sejumlah ruangan, yakni: Elang, Perkutut, Merak, Nuri dan Puri Nurani. Sementara pasien wanita dirawat di beberapa ruangan berikut, yaitu: Melati dan Cempaka.

Dari pantauan Republika Selasa (24/12) malam, terdapat pula sejumlah ruangan khusus untuk anak-anak dan remaja, penderita Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA).

Pasien rawat inap pria di ruangan Elang tercatat 27 orang, ruangan Perkutut 30 orang, ruangan Merak 30 orang, ruangan Nuri 18 orang dan ruangan Puri Nurani 28 orang. Sedangkan pasien wanita di ruangan Mawar tercatat 3 orang, Melati 14 orang, Kenanga 16 orang dan Cempaka 13 orang. Adapun pasien di ruangan ‘NAPZA’ tercatat 9 orang pria, di ruang ‘Mawar’ 11 orang pria dan 3 orang wanita serta di ruang ‘Anak dan remaja’ tercatat 1 orang pria dan 3 orang wanita.

Menurut satpam RSJ yang bertugas di samping kiri ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), kondisi RSJ Dr Soeharto Herdjan memang penuh dengan pasien. “RSJ Dr Soeharto Heerdjan bekerjasama dengan dinas sosial di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta serta wilayah-wilayah sekitar seperti Tangerang, Bogor dan Bekasi. Itu sebabnya RSJ ini penuh dengan pasien,” ujar petugas keamanan RSJ Dr Soeharto Heerdjan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA