Senin 23 Dec 2013 11:12 WIB

Ini Dia Saus Pedas yang Sedang Tren

Saus sriracha
Foto: businessweek.com
Saus sriracha

REPUBLIKA.CO.ID, Saus pedas Sriracha sedang naik daun di atas piring banyak warga Amerika Serikat beberapa tahun belakangan. Bahkan, di awal November ini waralaba roti isi Subway memperke nal kan menu baru yaitu Sriracha Chic ken Melt dan Sriracha Steak Melt. Ya, kedua roti isi khas Amerika itu diracik dengan apalagi kalau bukan saus pedas Sriracha.

Seperti dikutip dari usatoday, Sri racha tak hanya muncul dalam menu baru Subway, keripik kentang Lay me nambahkan pula saus pedas ini dalam varian mereka. Kota Los Angeles pada awal tahun ini bahkan menjadi tuan rumah dari Festival Sriracha.

Saus pedas ini sesungguhnya ber asal dari Thailand. Lebih tepatnya, dari kota di pesisir laut Si Racha di Provinsi Chonburi yang terletak di sebelah timur Thailand. Di Si Racha saus pedas yang terbuat dari cabai, cuka, bawang putih, gula, dan garam itu biasa digunakan untuk disantap dengan hidangan laut.

Selain disebut dengan Sot Siracha di Thailand, saus pedas ini kerap dikenal pula dengan sebutan Nam Prik. Pada dasarnya Nam Prik selalu tersedia di setiap rumah di Thailand. Hampir sama dengan sambal bagi orang Indonesia.

Nam Prik dibuat dari rajangan atau ulekan cabai, bawang merah, dan bawang putih. Bahan-bahan tersebut kemudian ditambahkan perasan jeruk nipis atau kecap asin dan didiamkan dulu sebelum disantap.

Popularitas Sriracha di Negara Paman Sam tak lepas dari tangan seorang imigran Vietnam bernama David Tran. Pada awal 1980 dia membangun perusahaan bernama Huy Fong Foods di Los Angeles. Saus yang di Thailand dibuat para ibu rumah tangga menggunakan ulekan berubah menjadi sambal pedas botolan berlogo ayam.

Meski Sriracha Hot Chili Sauce menjadi produk Tran yang paling laku, Huy Fong Foods memproduksi pula tiga macam saus pedas lainnya. Yakni, Chili Garlic Sauce, Sambal Oelek atau diterjemahkan sambal cabai segar, dan Sambal Badjak atau sambal cabai dengan bawang.

Warga Amerika pun menemukan banyak cara untuk menikmati saus pedas Sriracha. Mulai dari melumurinya di atas piza, roti, jagung bakar, hingga di atas telur setengah matang. Atau, coba memasukkan saus ini ke dalam resep sayap ayam panggang demi rasa pedas yang lebih dari lada hitam. Mereka juga tak sekadar menambahkan saus pedas ini saat menyantap hidangan Asia, seperti ramen atau pho. Menu minuman beralkohol yang sebe lumnya kerap diberi tambahan saus pedas Tabasco kini mulai tergantikan dengan saus Sriracha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement