Jumat 20 Dec 2013 22:20 WIB

Obat Generik Sama Ampuhnya Dengan Obat Paten

Rep: Nora Azizah/ Red: Maman Sudiaman
Obat Generik (Ilustrasi)
Foto: corbis.com
Obat Generik (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,CIKARANG -- Banyak pertanyaan timbul di masyarakat seputar obat-obatan. Apakah ada perbedaan antara obat generik dan paten? Keduanya memiliki fungsi sebagai penyembuh penyakit. Namun berbeda jauh dari segi harga. "Untuk fungsi penyembuh keduanya sama, tak ada beda," kata Median Hengky, Site Head dari pabrik obat Hexpharm Jaya Kalbe Company saat acara media gathering di Pabrik Hepharm Jaya, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12). 

Hengky mengatakan, perbedaan obat generik dan paten hanya terletak pada kenyamanannya saja. Dalam artian, saat proses menelan obat, ada kenyamanan yang berbeda. Obat generik mungkin akan terasa sedikit pahit karena tidak melalui proses pelapisan. Sedangkan mayoritas obat paten sudah dilapisi dengan zat tertentu agar obat tidak terasa pahit saat ditelan.

Saat ini banyak obat generik yang juga dijual dalam kemasan botol. Biasanya pasien akan mendapatkan obat generik tanpa terkemas praktis, melainkan dimasukan dalam plastik biasa. Seperti yang didapatkan di Puskesmas. Cara mencirikan obat generik yang asli, bisa melihat pada kode yang tertera di badan obat. Kode tersebut berupa singkatan dari obat dan dosisnya. Konsumen bisa melihat dan membedakan dari ciri tersebut.

Hengky menjelaskan, obat generik kemasan botol aman dikonsumsi asalkan stabil dari udara saat tutup botolnya dibuka. Jadi, obat generik bukan tak bagus dikonsumsi. Harganya yang terjangkau bukan berarti menurunkan kualitas. Sebab fungsinya sama saja dengan obat paten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement